Follow Us

Bantu Nelayan di Jakarta Utara, Mahasiswa SIL UI Sulap Cangkang Kerang Jadi Barang Berguna

Tim Redaksi - Senin, 28 Maret 2022 | 13:00
SIL UI: Berdayakan Warga Olah Cangkang Kerang Jadi Pupuk Cair, Pakan Ternak, Hingga Produk Kriya.
Dok. dari laman UI

SIL UI: Berdayakan Warga Olah Cangkang Kerang Jadi Pupuk Cair, Pakan Ternak, Hingga Produk Kriya.

HAI-ONLINE.COM - Dengan penduduk mayoritas berprofesi nelayan dan pengupas kerang, warga di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara setiap harinya membawa pulang ratusan kilogram kerang ke daratan, yang kemudian dikupas oleh pengupas kerang.

Menjadi salah satu wilayah daratan yang berbatasan langsung dengan laut, selama ini, nelayan hanya memanfaatkan daging kerang sebagai sumber pendapatan, sedangkan cangkangnya dibuang.

Nah, cangkang kerang yang semakin menumpuk itu pun akhirnya kerap menjadi limbah. Muncul bau tak sedap, lalat beterbangan menjadikan lingkungan sekitar semakin tidak sehat.

Seperti yang terlihat di wilayah RW 01 di lokasi tersebut. Untuk mengatasi limbah cangkang kerang tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) melihat potensi pada limbah cangkang kerang dapat diubah menjadi produk bernilai ekonomi.

Baca Juga: Anak Muda Nggak Banyak yang Sadar, Ini Investasi Aman untuk Pemula

Sejak Oktober 2021-Februari 2022 dilakukan pertemuan untuk memberikan edukasi kepada para warga.

Lewat inovasi dalam pemanfaatan limbah kerang ini, menghasilkan bermacam produk, hingga bernilai jual.

Ketua Tim Pengmas SIL UI sekaligus Ketua Program Magister Ilmu Lingkungan SIL UI, Dr. Hayati Sari Hasibuan, mengatakan bahwa ada beberapa tahapan dalam proses pengolahan limbah cangkang kerang menjadi produk bernilai ekonomis.

Baca Juga: UI Jadi Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2022 versi The WUR, Poin Pengajarannya Bagus!

“Pertama, limbah cangkang kerang dicacah menggunakan mesin pencacah cangkang kerang hingga berbentuk bubuk. Lalu, diproses sesuai dengan peruntukannya, seperti menjadi pupuk cair, pakan ternak, ataupun produk kriya.

"Untuk proses keseluruhan ada di buku saku yang kami buat,” jelas Hayati, dilansir dari laman UI, Kamis, (24/3/2022).

Selain memberikan edukasi dan pelatihan, Tim Pengmas SIL UI juga membuat mesin pencacah cangkang kerang dan diserah-terimakan kepada warga RW 01, Kelurahan Kalibaru.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest