Follow Us

FIB UI Lestarikan Tradisi Nusantara Lewat Pagelaran Seni “Minggu Semata Wayang”

Tanya Audriatika - Rabu, 08 Juni 2022 | 14:00
Upaya FIB UI dalam melestarikan tradisi nusantara lewat Pagelaran Seni “Minggu Semata Wayang”.
DOK. Laman UI

Upaya FIB UI dalam melestarikan tradisi nusantara lewat Pagelaran Seni “Minggu Semata Wayang”.

HAI-Online.com - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerja sama dengan Sanggar Budaya Rumah Cinwa, adakan pagelaran seni budaya “Minggu Semata Wayang” di Taman Kaldera, Jatijajar, Depok, Jawa Barat, pada Minggu (29/05).

Ini jadi misi mereka memperkenalkan dan melestarikan tradisi Nusantara melalui beragam seni dan budaya kepada masyarakat di era yang serba modern ini.

Pada ajang tersebut ditampilkan Wayang Kulit Purwa, Wayang Potehi, Karawitan Jawa, Tari Shiu Pat Mo, juga memberikan pelatihan dan penampilan Batik Depok.

Dalam kegiatan “Minggu Semata Wayang”, selain workshop batik, ada peragaan busana motif Batik Depok oleh Ratna Batik and Craft.

Batik Depok mengangkat motif-motif yang terinspirasi dari budaya dan hasil alam masyarakat Depok, antara lain Gong Si Bolong, Topeng Cisalak, Belimbing Dewi, dan ikan manfish.

Selain bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI dan Ratna Batik and Craft bersinergi dalam usaha mengangkat identitas Depok.

Baca Juga: UI Jadi Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2022 versi The WUR, Poin Pengajarannya Bagus!

Kegiatan ini hasil kolaborasi PPKB FIB UI, Program Studi (Prodi) Sastra Jawa FIB UI, Sanggar Budaya Rumah Cinwa, Sanggar Panji Laras, Kelompok Jatijajar Laras, Ratna Batik and Craft, dan masyarakat Setu Jatijajar.

Kepala PPKB FIB UI sekaligus pengajar di Prodi Sastra Jawa, Dr. Ari Prasetiyo, S.S., M.Si, menyampaikan, ada kegiatan lain di PPKB selain penelitian.

“Program kegiatan PPKB lainnya ada pelestarian serta pengembangan seni budaya tradisional, dan pemberdayaan ekonomi kreatif/UMKM dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya, melansir dari laman UI, Rabu (7/6/2022).

“Minggu Semata Wayang” ini realisasi dari kedua program PPKB tersebut.

Dalang pertunjukan wayang tersebut adalah Fakih Tri Sera Fil Ardhi, mahasiswa Prodi Sastra Jawa FIB UI Angkatan 2019. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular