Follow Us

Waduh, Lagu ‘Thinking Out Loud’ Ed Sheeran Dituduh Menjiplak Karya Marvin Gaye, Doi Siap Disidang

Reinaldy Royani - Jumat, 30 September 2022 | 15:05
Ed Sheeran
hai.grid.id

Ed Sheeran

HAI-ONLINE.COM - Salah satu lagu paling tenar dari Ed Sheeran, ‘Thinking Out Loud’ harus membuatnya menghadapi persidangan atas dugaan plagiarisme karena dianggap mencuri bagian dari lagu klasik milik Marvin Gaye, ‘Let’s Get It On’.

Lagu ini sendiri dirilis jauh sebelum ‘Thinking Out Loud’ yakni di tahun 1973.

Pengacara Sheeran berpendapat bahwa gugatan yang diajukan oleh entitas yang memiliki sebagian saham dalam lagu terkenal Gaye tahun 1973, SAS itu nggak valid.

Gugatan ini dilayangkan karena kombinasi elemen dan nada yang dianggap mencuri itu bahkan nggak cukup unik untuk dilindungi hak cipta.

Baca Juga: Kolaborasi Cradle of Filth dan Ed Sheeran, Dani Filth: Dia Emang Fans Berat Kami!

Tapi dilansir dari Variety, dalam putusan Hakim Louis Stanton pda hari Kamis (29/9/2022) mengatakan bahwa nggak ada aturan batas yang jelas buat menyatakan putusan semacam itu dan Ed harus membuat argumen di hadapan para juri.

"Sebuah karya bisa memiliki hak cipta meskipun itu sepenuhnya merupakan kompilasi dari elemen-elemen yang tidak dapat dilindungi," ujar Hakim Louis Stanton.

Akhirnya keputusan ini menetapkan adanya persidangan untuk Ed Sheeran di gedung pengadilan federal Manhattan.

Stanton mengatakan juri harus memutuskan apakah kedua lagu tersebut secara substansial serupa.

“Meskipun kedua komposisi musik itu nggak identik, juri dapat menemukan bahwa tumpang tindih antara kombinasi progresi chord dan ritme harmonik lagu-lagu itu sangat dekat," kata Stanton.

Stanton juga menganjurkan juri untuk harus memutuskan apakah SAS (Structured Asset Sales) bisa memasukkan pendapatan konser Ed Sheeran sebagai ganti rugi untuk mereka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest