Follow Us

Shaggydog Bikin Pameran Arsip Rekam Jejak 25 Tahun Berkarya!

Arlingga Hari Nugroho - Rabu, 24 Agustus 2022 | 18:00
Shaggydog bersama Agensi 56 rayakan 25 tahun berkarya dengan pameran arsip “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog”.
Dok. Agensi 56

Shaggydog bersama Agensi 56 rayakan 25 tahun berkarya dengan pameran arsip “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog”.

HAI-Online.com – Selain dirayakan dengan konser spektakuler, Shaggydog juga menyiapkan pameran seni sebagai bagian dari perayaan 25 tahun berkarya.

Pameran arsip ini dikerjakan oleh Agensi 56 yang merupakan sub unit dari Ruang MES 56, sebuah kolektif fotografi dan seni kontemporer asal Yogyakarta.

Dikuratori oleh seniman Edwin Roseno Kurniawan aka Kawandolly, pameran ini diberi judul 'Rudy's Story: Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog' dan dipamerkan di Gudskul, Jakarta mulai tanggal 24 - 27 Agustus 2022.

Pameran seni ini bakal menampilkan arsip dokumentasi perjalanan Shaggydog di periode tahun 1998 hingga 2006 yang di-display dengan konsep ruang ala kamar para Doggies.

Baca Juga: Rayakan 25 Tahun Bermusik, Shaggydog Bakal Mainin Lagu Terbaik Sepanjang Masa!

"Ketika Heru (vokalis Shaggydog) memperlihatkan setumpuk negatif film kepada kami, tak terbayangkan apa yang ada di dalamnya. Dalam rentang waktu 1997 sampai 2006 tak kurang dari 47 roll film yang kemudian hari kami scan yang menghasilkan 1600-an file digital," ungkap Kawandolly.

Menurut Kawandolly, keberhasilan Shaggydog sebagai punggawa band ska di Indonesia nggak terlepas dari banyak dukungan para sahabat dan penggemarnya.

Mersepons hal tersebut, di pameran ini Agensi 56 menampilkan foto-foto yang berisi kenangan Shaggydog bersama teman, keluarga, dan penggemar sepanjang perjalanan bermusik mereka.

Ada juga respon karya yang dikerjakan oleh Yudha Kusuma Putra menjadi foto kolase dan montase yang tertempel di ruang.

Baca Juga: Oomleo Berkaraoke Tampil Heboh di Pameran Konvergensi - Pasca Tradisionalisme Yogyakarta!

Pameran seni “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog” di Gudskul, Jakarta.
Dok. Agensi 56

Pameran seni “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog” di Gudskul, Jakarta.

"Dari digitalisali 47 roll arsip negatif film Shaggydog, menghasilkan sekitar 1674 foto dan telah dikurasi menjadi 319 frame foto yang akan dipamerkan, dengan 4 kategori kurasi, yaitu Friends, Gigs, Fans, dan Band," tulisnya di press release.

Pameran ini masih dalam satu rangkaian perayaan 25 tahun Shaggydog yang berjudul Be25ulang.

Komplotan anak ska dari Gang Sayidan Yogyakarta ini juga telah menyiapkan konser Be25ulang yang akan digelar di M Bloc Space, Jakarta, pada 25 Agustus 2022.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest