Follow Us

Sumbang Emas di Asian Paragames 2022, Atlet Asal Surabaya Ini Dikasih Beasiswa S1 di Unesa!

Tanya Audriatika - Jumat, 05 Agustus 2022 | 06:06
Sumbang Emas di Asian Paragames 2022, Atlet Asal Surabaya Ini Dikasih Beasiswa S1 di Unesa
Dok. laman Unesa

Sumbang Emas di Asian Paragames 2022, Atlet Asal Surabaya Ini Dikasih Beasiswa S1 di Unesa

HAI-Online.com - Atlet asal Surabaya, Firza Faturahman Listianto berhasil sumbang satu medali emas dalam cabor atletik kelas 46, dan kini dirinya ditawarkan beasiswa S1 dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Medali emas tersebut berhasil Firza peroleh dari Asean Para Games ke-11 yang diselenggarakan di Solo mulai dari 30 Juli sampai 6 Agustus 2022.

Atlet kelahiran Keputih, 21 Mei 2004 ini tengah duduk di bangku kelas 12 SMA. Sebelumnya, ia juga berkali-kali raih medali di berbagai kompetisi olahraga.

Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Dwi Cahyo Kartiko mengatakan bahwa penambahan medali tersebut memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen.

Selain itu, yang menggembirakan, Firza merupakan atlet ini asli Surabaya yang nggak diunggulkan untuk meraih medali karena nggak termasuk elit atlet.

“Firza nggak ada di lintasan terbaik atau berada di lintasan delapan. Namun dia tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara,” ujar Cahyo dikutip dari laman Unesa.

Baca Juga: Bikin Haru, Mahasiswi Meninggal, Wisuda di UNESA Diwakili Sang Ibu

Atas keberhasilannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., berikan beasiswa kuliah S1 sampai selesai di Unesa.

“Sebagai kampus yang ramah disabilitas dan komitmen dalam memajukan olahraga Indonesia kami memberikan apresiasi khusus kepada Firza berupa beasiswa kuliah gratis S-1 sampai lulus,” ujar Cak Hasan di Unesa pada Selasa (2/8/2022).

Cahyo berharap, apresiasi dari Unesa ini bisa memotivasi para atlet dalam menorehkan prestasi dan membanggakan daerah serta Indonesia di kancah Internasional.

“Apresiasi dari Unesa ini saya melihatnya satu sisi yaitu komitmen sebagai kampus yang ramah disabilitas dan sisi lainnya sebagai komitmen dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional. Unesa memberikan apresiasi tanpa sekat dan memberikan akses dan kesempatan yang sama semua semua anak negeri untuk berpendidikan dan berprestasi,” pungkasnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular