Follow Us

Kenalan dengan Aulia, Siswi Penyandang Tunanetra Berhasil Raih Cita-Cita Masuk UGM

Tanya Audriatika - Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:00
Kenalan Dengan Aulia, Siswi Penyandang Tunanetra Berhasil Raih Cita-Citanya Masuk UGM.
Dok. laman UGM

Kenalan Dengan Aulia, Siswi Penyandang Tunanetra Berhasil Raih Cita-Citanya Masuk UGM.

HAI-Online.com - Aulia Rachmi Kurnia, penyandang tunanetra yang berhasil diterima di program studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ajaran 2022/2023.

Melansir laman UGM, perjuangan Aulia sampai masuk UGM nggak mudah, terlebih dengan kondisi fisiknya yang berbeda dengan remaja lain pada umumnya.

Selepas SMA, ia memantapkan hati ikut ujian masuk perguruan tinggi melalui jalur UTBK dengan pilihan pertama UGM, namun gagal.

Nggak patah semangat, ia kembali mencoba mengikuti ujian lewat jalur CBT UGM, dan akhirnya ia berhasil diterima prodi impiannya, Sastra Indonesia UGM.

“Saya itu hobi menulis, membuat puisi jadi senang sekali akhirnya bisa diterima di Sastra Indonesia karena disitu saya bisa semakin tertempa,” ucapnya.

Anak pertama dari pasangan Muhammad Syukur (53) dan Mira Susanti (45) asal Jakarta ini merupakan putri dari buruh pabrik kayu.

Baca Juga: Cerita Adam, Putra Tukang Las dengan Segudang Prestasi, Bisa Kuliah Gratis di UGM Tanpa Tes

Aulia sebut kalau ia mengalami kebutaan sejak lahir, dan pada kelas 2 SD, ia mulai nggak bisa melihat.

Ia menceritakan kebutaan yang dideritanya ini bermula saat usianya 5 tahun. Saat itu, ia demam tinggi dan ada kesalahan dalam pemberian obat yang dampaknya sampai kehilangan kesadaran selama 3 minggu.

Begitu sadar, penglihatannya sudah nggak berfungsi optimal, semuanya terlihat kabur. Kondisi ini terus berlangsung hingga ia duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar mulai kehilangan pengelihatan pada salah satu matanya.

Kondisi nggak kunjung membaik dan akhirnya Aulia kehilangan pengelihatannya secara total setahun kemudian.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest