Follow Us

Sempat Diremehkan Teman dan Gurunya, Lulusan SMK Ini Berhasil Masuk ke Aktuaria ITB: Almahumah Ibu Nyuruh Gue Masuk SMK Biar Lulus Langsung Kerja

Tanya Audriatika - Sabtu, 09 Juli 2022 | 16:05
Andri Saputra, lulusan SMK yang berhasil masuk FMIPA ITB jurusan Aktuaria.
Dok. laman ITB

Andri Saputra, lulusan SMK yang berhasil masuk FMIPA ITB jurusan Aktuaria.

HAI-Online.com - Andri Saputra, lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran ini berhasil menjadi mahasiswa FMIPA ITB jurusan Aktuaria.

Cowok asal Jakarta ini lulusan SMKN 42 Jakarta tahun 2019 dan merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara.

Ketika disinggung soal pindah haluan dari SMK ke FMIPA ITB, Andri menjelaskan, sebenarnya dia juga sadar kalau langkah pendidikannya nggak mainstream.

Ia menyebut kalau masuk SMK bukanlah keinginannya sendiri, melainkan itu saran dan permintaan almarhumah ibunya.

“Beliau dulu mau gue masuk SMK alasannya biar gue bisa siap bekerja dengan ijazah tersebut, karena memang kondisi keluarga kami yang tidaklah pasti dapat membiayai gue kuliah,” jawabnya dikutip dari laman ITB, Kamis (7/7/2022).

Andri menyebut, alasan dirinya memilih FMIPA karena dari kecil dirinya memang sudah sangat suka matematika.

Baca Juga: Kolaborasi Bisnis Mahasiswa ITB dan Universitas Prasmul Menangi Ajang Mondelez ‘Taste The Future Business Challenge’

“Gue selalu belajar matematika dan ngerjain soal adalah kesenangan gue,” ucapnya.

Dengan dasar hobinya pada pelajaran hitung-hitungan, Andri ditunjuk menjadi tutor di salah bimbel di Jakarta setelah lulus.

Sebagai lulusan siswa SMK, masih banyak muncul stigma umum kalau lulusannya nggak bisa masuk ke universitas teknik, dan hal ini juga menimpa Andri di lingkungannya dulu.

Teman-teman dan guru-gurunya banyak yang memperingatkan dirinya tentang peluang lulusan SMK masuk universitas sekelas ITB, apalagi FMIPA.

“Gue paham maksud mereka nggak buruk, tapi waktu itu gue jadi kian membulatkan tekad buat buktiin kalo keinginan gue dapat dicapai,” jawabnya dengan tenang.

Ketika ditanya pesan apa yang akan disampaikan pada adik kelasnya di SMK yang bercita-cita sama dengannya, dengan semangat ia membantu mereka dengan pengalamannya.

“Pesan gue buat teman-teman yang ada di bangku SMK dan bercita-cita masuk ITB, intinya jangan kecil hati. Apalagi bila jurusan/fakultas yang kalian incar di sini ada hubungan dengan jurusan SMK kalian. Memang untuk mengejar SBMPTN dari SMK akan sulit, namun kita harus bisa optimis dan fokus pada impian kita. Belajar terus, jangan minder untuk ikut tutor atau bimbel, percaya diri dan yakin selalu,” titip Andri dengan senyum lebar menutup perbincangan. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest