Follow Us

Seniman Rizka Azizah, Angkat Mitologi Kalimantan dari Kain Makam Jadi Karya Seni di ARTJOG 2022

Tim Redaksi - Jumat, 08 Juli 2022 | 09:41
Seniman Rizka Azizah dan instalasi seni 'Magical Crocodile' di pameran ARTJOG 2022.
Rizka Azizah

Seniman Rizka Azizah dan instalasi seni 'Magical Crocodile' di pameran ARTJOG 2022.

Hai-Online.com - Seniman muda asal Kalimantan Selatan, Rizka Azizah, terpilih jadi salah satu seniman yang tampil di pameran seni ARTJOG 2022.

Mengambil mitologi dari Kalimantan, Rizka mengeksplorasi beragam media dan material menjadi instalasi seni berbentuk rangka buaya.

"Jadi aku bikin instalasi judulnya 'Magical Crocodile', itu bercerita tentang buaya gaib dari Kalimantan," ucap Rizka kepada HAI saat ditemui di pembukaan ARTJOG 2022 pada hari Kamis (7/7).

"Jadi di Kalimantan itu, buaya gaib ini jadi pelindung atau leluhur," kata Rizka, "[Jalur] transportasi kita itu kan sungai, nah para pedagang itu lewat sungai. Biasanya buaya gaibnya itu jadi penjaga."

Baca Juga: Saatnya Lebaran Seni di Bulan Juli, Ini 4 Rekomendasi Acara Seni di Yogyakarta

Instalasi seni 'Magical Crocodile' karya Rizka Azizah
Ripase Nostanta P.

Instalasi seni 'Magical Crocodile' karya Rizka Azizah

Cerita tentang buaya gaib ini sudah didengar Rizka sejak masih kecil. Inilah yang menjadi salah satu alasan Rizka tertarik untuk mencoba mengerjakannya menjadi karya seni.

"[Ini] mitologi gitu. Karena aku dulu pas kecil sering minta diceritain mitologi-mitologi gitu, jadi lumayan tertarik," ucap seniman lulusan pasca-sarjana ISI Yogyakarta itu.

Instalasi ini diakui Rizka dikerjakannya dalam kurun waktu setengah bulan. Namun proses mengumpulkan materialnya telah dimulai Rizka sejak lama, bahkan dari kampungnya langsung di Kalimantan.

"Jadi materialnya itu kan, yang kuning-kuning itu, kudapatkan dari makam keramat di dekat rumahku [Kalimantan]," kata Rizka.

Baca Juga: FIB UI Lestarikan Tradisi Nusantara Lewat Pagelaran Seni “Minggu Semata Wayang”

Instalasi seni 'Magical Crocodile' karya Rizka Azizah.
Ripase Nostanta P.

Instalasi seni 'Magical Crocodile' karya Rizka Azizah.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular