Follow Us

4 Tips Biar Lo Nggak Salah Pilih Jurusan Kuliah ala Psikolog UNS!

Tanya Audriatika - Kamis, 30 Juni 2022 | 10:15
Ilustrasi kuliah
Pixabay/nikolayhg

Ilustrasi kuliah

HAI-Online.com - Persoalan salah pilih jurusan kuliah seringkali terjadi ketika calon mahasiswanya asal pilih kuliah.

Semua memang tergantung dari calon mahasiswanya, namun pemilihan jurusan kuliah juga nggak bisa asal dan harus cocok buat dirinya.

Sekarang, masih ada kesempatan buat lo kembali menentukan apakah jurusan kuliah lo udah tepat apa belum.

Melansir laman Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi, Afia Fitriani, S. Psi., M. Psi., bagikan tips biar nggak salah pilih jurusan.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan prodi, misalnya mengenali minat, bakat, dan potensi bidang kerja lo.

Tips memilih jurusan kuliah yang sesuai

Baca Juga: Biar Nggak Nyesel! Kenali Nih 7 Tips Sebelum Milih Jurusan Kuliah

  1. Kenali minat diri
Bisa dimulai dengan mengenali minat lo dulu. Caranya dengan menelaah hobi yang dimiliki atau aktivitas lain yang disukai.

"Hobi tersebut dapat siswa jadikan opsi tentang hal yang ingin mereka dalami lebih jauh. Tuliskan hobi-hobi tersebut berdasarkan prioritas," ujarnya.

  1. Gali bakat yang dipunya
Minat juga harus didukung dengan adanya bakat.

Afia menjelaskan, salah satu caranya bisa dengan melihat rekam jejak nilai akademik selama bersekolah. Tugas-tugas yang berhasil dikerjakan dengan baik juga bisa mengindikasikan keberadaan bakat.

Selain itu, bidang-bidang ilmu yang dipahami juga bisa mempermudah dalam mencari jurusan yang sesuai. Tuliskan juga bakat yang sudah dikenali berdasarkan prioritas.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest