Follow Us

Pernah Putus Kuliah? Coba Daftar Program RPL UNY 2022, Begini Kriterianya!

Tanya Audriatika - Sabtu, 25 Juni 2022 | 17:35
Universitas Negeri Yogyakarta
tribunnews.com

Universitas Negeri Yogyakarta

HAI-Online.com - Pernah Putus Kuliah? Coba Daftar Program RPL UNY 2022, Begini Kriteria serta Jadwalnya

Buat kamu yang pernah menjalani kuliah tapi nggak selesai, kini bisa melanjutkan lagi lewat program RPL UNY 2022.

Program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) UNY 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat lewat pendidika formal.

Melansir dari laman pmb.uny.ac.id lewat Kompas.com, program ini dibuka berdasarkan Permendikbudristek No. 41 tahun 2021 tentang RPL.

RPL ini jadi pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, dan informan.

Dan atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Baca Juga: Dari Gap Year Sampai Ambil Vokasi, Ini 10 Jalan Lain Buat yang Nggak Lulus SBMPTN 2022

Tujuan lainnya yakni mendorong masyarakat yang berbagai hal terputus kuliahnya atau nggak bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi tetapi punya pengalaman kerja kompetensi yang relevan untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Daya tampung untuk Program RPL UNY 2022 semua Jenjang Sarjana (S1) dan Magister (S2) ialah 2.250. Yakni RPL S1 untuk 55 program studi sarjana di 7 fakultas, dengan daya tampung 1.650.

Sedangkan Program RPL UNY Magister (S2) dibuka untuk 30 prodi magister di 7 fakultas dan pascasarjana, dengan daya tampung sebanyak 600.

Kriteria peserta RPL UNY 2022

Program Sarjana:

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest