Follow Us

5 Fakta Browser Legendaris, Internet Explorer dan Pemberhentiannya

Reinaldy Royani - Kamis, 16 Juni 2022 | 08:29
Internet Explorer akan diberhentikan oleh Microsoft setelah beroperasi selama 27 tahun
Pixabay

Internet Explorer akan diberhentikan oleh Microsoft setelah beroperasi selama 27 tahun

HAI-ONLINE.COM - Pada hari Rabu, 15 Juni 2022, Microsoft secara resmi mengakhiri riwayat Internet Explorer, browser web yang sudah selama kurang lebih 27 tahun beroperasi.

Dalam kurun waktu awal terbentuk sampai 2013, Internet Explorer telah merilis 11 versi software web browser dengan versi terakhirnya Internet Explorer 11.

Nah buat lo yang mungkin belum tahu atau lupa sama browser legendaris ini, HAI udah ngerangkum 5 fakta tentang Internet Explorer dan pemberhentiannya, check this one out!

1. Pertama dirilis tahun 1995

Internet Explorer atau IE pertama kali dirilis pada tahun 1995 sebagai paket tambahan untuk Windows 95 dan menjadi pengenalan pertama bagi banyak orang kepada world wide web.

Baca Juga: Daftar 5 Situs untuk Download Video Tiktok dengan Mudah lewat Browser

2. Naik pamor di awal 2000-an

Buat sebagian besar pengguna internet di awal milenium ketiga, Internet Explorer jadi browser web yang paling banyak digunakan. Melansir dari Al Jazeera, penggunaanya mencapai angka 95 persen. di tahun 2003.

Menjadi browser web default milik sistem operasi Microsoft Windows, IE kala itu menang telak atas saingannya, Netscape Navigator.

3. Kemunduran IE dan munculnya browser-browser lain

Kemunculan browser-browser lain menjadi salah satu faktor turunnya popularitas Internet Explorer
Pixabay

Kemunculan browser-browser lain menjadi salah satu faktor turunnya popularitas Internet Explorer

Setelah Firefox diluncurkan pada 2002 dan Google menghadirkan Chrome pada 2008, pamor browser bawaan Windows ini perlahan turun.

Mengutip dari StatCounter, pangsa pasar IE turun di bawah 50 persen pada tahun 2010 dan dua tahun setelahnya, Google Chrome berhasil menyalip IE sebagai browser yang paling banyak digunakan. Bahkan di awal tahun ini, pengguna IE nggak mencapai satu persen dari total pengguna web.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest