Follow Us

HAI DEMOS : The Janz 'Insomnia', Membalut Suasana Malas dan Cemas dengan Sederhana

Nada Aprillia - Rabu, 15 Juni 2022 | 21:05
HAI Demos - The Janz
thejanz

HAI Demos - The Janz

HAI-ONLINE.COM - The Janz merupakan band alternative rock asal Surabaya, yang mana diawal perjalanan mereka sekarang ini udah melahirkan dua single. Dimotori oleh Adam, Noval, Bayu dan Kukuh, The Janz punya preferred genre pop rock, british rock, alternative, dan hard rock yang tergambar dari karya-karya mereka.

Single debut pertama The Janz bertajuk 'Slowly (Light of The Light) dirilis perdana pada 2021, dan setahun kemudian di 2022 disusul oleh single kedua mereka yaitu 'Insomnia'. Single terbaru mereka 'Insomnia' agaknya memiliki cerita sederhana, yang dibungkus dengan kecocokan warna musiknya.

Baca Juga: HAI DEMOS : Menangkap Emosi dan Suasana Kehilangan Bersama Artificial Ambient

Dengan kisah "malas", 'Insomnia' seperti ngasih lo ruang untuk berfikir kalut di sela-sela waktu hening nan kosong.

Suguhan The Janz dengan single 'Insomnia' ini, kalo lo dengerin, bakal terdengar simple banget. Awalan riff di lagu inipun terdengar match dengan lirik dan judul yang ada. HAI nangkepnya kayak malas, dan linglung. Ketukan drum pada single ini juga British-nya dapet banget. Tapi kalo di denger-denger lagi, intro 'Insomnia' hingga verse agak kayak post punk. Namun kalo post punk punya gitar dengan modulasi atau clean, di 'Insomnia' ini The Janz cuma memakai gitar 1 modulasi dan gitar 2 dengan distorsi.

Baca Juga: HAI DEMOS : Absurdisme 'Queer' Suguhkan Tone Noise Punk Ala Sonic Youth Oleh JVICI!

Pada bagian reff, baru kerasa rock-nya 'Insomnia' ini. Tapi nggak rock yang keras banget juga, itu mungkin bisa jadi karena chord progresi gitarnya yang agak minor. Lalu juga biasanya jarang ada band pop rock yang menggunakan permainan distorsi, tapi mungkin karena The Janz memasukkan warna rock ke dalam musiknya, jadi terdengar aman dan pas.

Kalo menurut HAI, The Janz ini cukup punya krakteristiknya sendiri sih dalam karyanya. Karena kayaknya jarang ada band yang main british, dan sedikit berwarna post punk, dengan gitar distorsi. Untuk suasana lagu 'Insomnia' juga dapet linglung dan cemasnya. Ya.. kayak orang insomnia. Jadi gaya musik yang dibawa oleh The Janz ini berpadu pas dengan lirik dan judulnya.

The Janz mampu menciptakan karya yang punya warna lagu sesuai dengan apa yang ingin mereka sampaikan dari 'Insomnia' ini.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest