Follow Us

Biar Tetap Produktif, Ini 7 Hal yang Bisa Lo Lakukan Kalau Ambil Gap Year!

Alvin Bahar, HAI Internship - Jumat, 10 Juni 2022 | 20:33
Ilustrasi gagal masuk PTN
HAI

Ilustrasi gagal masuk PTN

HAI-ONLINE.com - Pelajaran sekolah kadang lain dengan tes ujian masuk perguruan tinggi negeri. Ini dia yang sering bikin kita gagal dalam seleksi. Tapi, bukan berarti dunia kiamat dong?

Untungnya setiap lulusan SMA masih dikasih kesempatan buat mencoba seleksi PTN tahun depannya. So, kalo nanti nggak tembus, jangan langsung putus asa. Atau mau langsung ambil perguruan tinggi swasta? Nggak dosa juga sih.

Tapi nggak dipungkiri, bagi sebagian orang lebih memilih untuk menunda kuliah atau lebih sering kita kenal dengan sebutan gap year ketika gagal tes PTN pada tahun pertama.

Ada juga yang ngambil gap year jika merasa masih galau dengan jurusan yang dipilih.

Anyway, meski lo ambil gap year, bukan berarti lo akan menjadi pengangguran karena banyak hal yang bisa lo lakukan agar tetap produktif.

Berikut ini HAI telah merangkum 7 hal yang bisa lo lakuin selama gap year.

Memantapkan passion agar nggak ragu dengan jurusan yang dipilih

Dengan memiliki tambahan waktu selama satu tahun, lo bisa pergunakan waktu itu untuk mengenal diri sendiri dan ketahuilah passion lo sebenarnya. Hal itu dapat lo gali lewat perdalam hobi.

Tentu saja memantapkan passion menjadi sesuatu yang sangat penting karena lo nggak akan ragu lagi dalam mengambil jurusan kuliah di tahun ajaran yang akan datang. Lo akan merasa jauh lebih percaya diri dan enjoy dalam mengikuti perkuliahan nanti.

Baca Juga: Gagal SBMPTN? Jangan Panik, Siapkan Mental Lo dengan 5 Kiat Ini

Mematangkan tes masuk kuliah

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest