Follow Us

Gagal SBMPTN? Jangan Panik, Siapkan Mental Lo dengan 5 Kiat Ini

Alvin Bahar - Kamis, 09 Juni 2022 | 13:35
Ilustrasi Ujian SBMPTN 2022
KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP

Ilustrasi Ujian SBMPTN 2022

HAI-ONLINE.COM - Pengumuman SBMPTN 2022 dapat dilihat mulai tanggal 23 Juni 2022 pukul 15:00 WIB, dan pastinya banyak dari kalian yang lagi deg-degan. Kalo gagal gimana nih?

Meski SBMPTN bukan satu-satunya jalur masuk perguruan tinggi negeri, atau kalian masih ada rencana lain walau gagal, tetep aja perasaan was-was itu ada.

Wajar aja, kalau sekarang-sekarang ini namanya mental kita kudu kuat. Kuat bersaing sekaligus menerima kegagalan. Teorinya gampang, ngelakuinnya bagi sebagian orang merupakan hal yang berat.

“Kadang kita memang butuh waktu untuk sedih dan kesal. Ini wajar tapi kita harus tahu bahwa ini ada batasnya. Karena setelah masa itu selesai, kita harus memikirkan harus ngapain nih kita setelah tahu bahwa kita gagal,” kata psikolog Bernadetta Anjani, M.Psi, Psi.

Baiknya, kiat berikut ini nggak salah kalau dikebet!

Baca Juga: Jangan Panik Ini 5 Tips Sukses Menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 Ala Dosen Unpad

Anggap Emosi Pasca Kegagalan adalah Hal Biasa

Merupakan hal yang wajar bagi kita untuk kesal, apalagi sedih, ketika mengetahui kita gagal dalam sebuah ujian. Nggak masalah untuk membiarkan diri kita bersedih beberapa saat.

Keluarkan dan luruhkanlah segala kekesalan kamu untuk beberapa waktu.

Terima Kenyataan

Ingat, jangan sampai kamu bersedih terlalu lama. Ada saatnya untuk kita terima kenyataan. Nggak perlu denial dengan sibuk mencari siapa yang salah.

Soalnya emang bisa jadi kitalah yang kurang belajar. Jadi, cobalah untuk berlapang dada dan berpikiran terbuka sembari mengevaluasi diri sendiri.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular