Follow Us

Sepeda Motor Elektrik Pedesaan Unpas Sabet Juara 3 EV Design Competition

Tanya Audriatika - Rabu, 08 Juni 2022 | 16:00
Tim sepeda motor elektrik pedesaan Unpas juara 3 Sustainable EV Design Competition.
DOK. Laman Unpas

Tim sepeda motor elektrik pedesaan Unpas juara 3 Sustainable EV Design Competition.

HAI-Online.com - Desain sepeda motor elektrik pedesaan rancangan dosen dan mahasiswa Universitas Pasundan berhasil sabet juara 3 Sustainable Electric Vehicle (EV) Design Competition.

Sustainable EV Design Competition merupakan rangkaian 2022 Jakarta E-Prix, ajang balap Formula E yang diselenggarakan di Jakarta.

Kompetisi berskala nasional ini berupaya menyosialisasikan solusi energi bersih melalui kendaraan listrik untuk melawan perubahan iklim.

Tim Unpas terdiri dari lima orang, termasuk Ketua Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis (PIIB), Ir. Farid Rizayana, M.T. sebagai pembimbing.

Farid menjelaskan, sepeda motor elektrik pedesaan didesain untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi di daerah 3T maupun pelosok nusantara.

Kendaraan ramah lingkungan ini juga dapat mengurangi ketergantungan BBM, khususnya di daerah 3T yang minim ketersediaan BBM.

“Kami mencoba memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan dan mempromosikan kendaraan elektrik,” ujarnya, dikutip dari laman Unpas, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Haru dan Pilu: Wafat Nggak Lama Setelah Lulus Sidang, Wisuda Mahasiswa Fakultas Teknik Unpas Diwakili Sang Ayah

Sepeda motor elektrik pedesaan yang dikembangkan oleh Tim Unpas berpenggerak roda depan dan roda belakang agar bisa menjangkau daerah 3T.

Sepeda motor elektrik pedesaan dapat dimodifikasi dan ditambahkan body dengan bermacam design body style, seperti retro, sportbike, trail, dan racer.

“Hal ini bertujuan mengembangkan kegiatan desain dan membangkitkan industri karoseri otomotif mikro (bengkel garasi atau rumahan) di berbagai daerah,” jelasnya.

Menariknya, sepeda motor elektrik dapat membawa battery pack yang cukup banyak untuk digunakan di peralatan lain.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest