Follow Us

Yuk Barter Barang-barang Lo di Barter.in Vol. 1 Bareng SayaPilihBumi

Reinaldy Royani - Rabu, 01 Juni 2022 | 12:44
Barter.in

Barter.in

HAI-ONLINE.COM – Sebagai kampanye fesyen berkelanjutan dan menjadi bentuk kepedulian terhadap sampah tekstil serta memperingati Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni, SayaPilihBumi siap menggelar ‘Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar’ pada tanggal 3 Juni mendatang di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Sesuai dengan namanya, Barter.in adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir jumlah konsumerisme di masyarakat. Selain itu, Barter.in juga mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara menukar barang satu sama lain.

“Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar Jadi, nggak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar. Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Dari pada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi,” ujar Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis.

Baca Juga: Paus Mati di Wakatobi Bukti Nyata Indonesia Darurat Sampah Plastik #SayaPilihBumi

“Kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar tanggal 3 Juni mendatang, merupakan kolaborasi antara SayaPilihBumi dan Kompas Gramedia, yang didukung oleh Bentara Budaya Jakarta, dengan fokus utama yang dituju adalah mengajak masyarakat mengurangi sampah tekstil. Seperti yang kita ketahui, industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat” imbuhnya.

Kegiatan tukar menukar baju

Kegiatan tukar menukar baju

Program yang akan menjadi kegiatan utama pada Barter.in Vol. 1 kali ini adalah ‘Barter.in pakaian’. Pengunjung bisa membawa pakaian yang masih layak dipakai tapi udah bosen pakenya, terus ditukar dengan pakaian-pakaian lain yang sudah dikurasi karena program ini selaras dengan tema ‘Dibuang Sayang’ yang diambil untuk acara pertama ini.

Nggak cuma menukar pakaian, ada juga kegiatan lainnya seperti ‘Repair Your Clothes’ yang bekerjasama dengan CNTRL+N. Pengunjung bisa memperbaiki pakaian dengan kerusakan ringan dan tentunya secara gratis dan terbatas.

Baca Juga: 105 Kilogram Sampah Plastik Ditemukan di Area Car Free Day Jakarta

Masih kurang seru? Di acara ini nantinya juga akan ada live music yang pastinya bikin Barter.in Vol. 1: Saling Bertukar menjadi semakin seru dan meriah!

Diselenggarakannya Barter.in Vol. 1 ini diharapkan bisa menekan jumlah limbah tekstil serta memperpanjang usia pakaian untuk fesyen berkelanjutan dan kelestarian bumi serta mampu mengurangi gaya hidup konsumerisme dari masyarakat.

Kita tahu kalau membeli adalah hierarki terakhir dari kebutuhan hidup manusia, selama masih bisa bertukar untuk kebaikan, kenapa nggak dicoba? Informasi lebih lanjut lo bisa kepoin di Instagram @sayapilihbumi.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular