Follow Us

FKG Unpad Kembali Buka Program Pertukaran ke Malaysia dan Jepang

Tanya Audriatika - Minggu, 15 Mei 2022 | 17:15
FKG Unpad kembali buka program International Undergraduate Program (IUP).
HUMAS UNPAD

FKG Unpad kembali buka program International Undergraduate Program (IUP).

HAI-Online.com - Punya kesempatan belajar di luar negeri pasti bisa jadi pengalaman yang menarik, nih. Karena kita bisa sekalian belajar mengenal budaya negeri lain, sekaligus mencoba kulinernya yang khas.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran tawarkan kesempatan pertukaran mahasiswa lewat program International Undergraduate Program (IUP) yang akan dibuka kembali 2022 ini.

Tahun ini, program tersebut tawarkan pertukaran mahasiswa ke Malaysia dan Jepang.

Kepala Kantor Internasional FKG Unpad, Dewi Zakiawati, drg.,M.Sc.,Sp.PM., menjelaskan kalau IUP FKG Unpad sudah dibuka sejak 2003. Tahun ini, FKG Unpad berkesempatan membuka kembali kelas internasional ini.

“Dahulu kita menyebutnya Kelas Pengantar Berbahasa Inggris (KPBI), yang membedakannya adalah kurikulum yang mengikuti dikti, juga terdapat exchange program dengan mitra kerja sama internasional,” kata Dewi dalam Open House virtual International Undergraduate Program of Dentistry Unpad, dilansir dari laman Unpad, Sabtu (14/5/2022).

Program pertukaran mahasiswa ini melibatkan dua mitra, yakni International Islamic University Malaysia di Malaysia dan Hiroshima University di Jepang.

Baca Juga: Indah, Dosen FKG Unpad yang Meneliti Kencur Jadi Obat Sariawan

Tawaran programnya ada short term stay maksimal 3 bulan di International Islamic University Malaysia buat 10 orang mahasiswa dengan kesempatan lectures, community dentistry, dan program lain non klinik.

Untuk Hiroshima University, mereka menawarkan kesempatan satu orang mahasiswa mengikuti spring program (April - September) dengan keuntungan menambah ilmu kedokteran gigi serta pengalaman hidup merasakan kebudayaan Jepang.

Lewat program outbound dan inbound ini, mahasiswa diharapkan dapat kesempatan berharga buat belajar nggak cuman di bidang kedokteran gigi, tetapi juga pengalaman lebih luas dalam memajukan keahlian mereka.

Ada juga program transcendent, yakni program international summer school dentistry. Kegiatan rutin lainnya yakni ada kuliah pakar yang mengundang para pakar/ahli kedokteran gigi dari luar negeri.

Dewi menambahkan, kalau kesempatan pertukaran mahasiswa ini juga terbuka ke universitas di negara lainnya. Unit Internasionalisasi FKG Unpad terus mengeksplorasi kerja sama exchange program dan kerja sama riset.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest