Follow Us

Banyak yang Skip Lagu Pas Masuk Solo Gitar, Gitaris Legendaris Ini Buka Suara

Nada Aprillia - Kamis, 12 Mei 2022 | 12:30
Marty Friedman
wikimedia commons

Marty Friedman

HAI-ONLINE.COM – Gitaris dan mantan personel dari Megadeth Marty Friedman punya teori kenapa orang-orang yang seneng dengerin lagu di layanan streaming musik itu suka nge-skip solo gitar saat mendengarkan lagu. Lo gitu nggak, sob?

Sebagai seorang yang tinggal di Jepang sejak 2003 lalu, Friedman mencoba menuliskan tebakan terbaiknya tentang alasan dibalik hal itu.

Baca Juga: Lagu Megadeth Ini Paling Susah Dimainkan Menurut ex-Bassist, Dave Ellefson

Friedman menulis, “Telah dilaporkan (benar atau nggak, siapa tau) kalo di negara ini (Jepang) banyak orang yang skip ke lagu berikutnya saat solo gitar dimainkan.”

Pria yang membawakan acara televisi Rock Fujiyama ini juga bilang, kalo fenomena tersebut mengacu pada musik hit mainstream, bukan band heavy metal dan band rock.

Doi juga berpendapat kalo solo gitar udah hilang di tingkat teratas arus utama AS, serta negara lain.

Friedman melanjutkan, “Untungnya bagi kami di Jepang, orang Jepang terbiasa memiliki solo gitar di semua genre musik. Mereka begitu mendarah daging dalam kesadaran pendengar Jepang, sehingga banyak produser, artis, dan orang-orang dalam bisnis musik mungkin berasa kalo solo gitar adalah bagian penting dari lagu ini.”

Baca Juga: Tangga Lagu Indonesia 10 Mei 2022: Masih Dikuasai Lagu Tulus - Hati-hati di Jalan

Namun, doi mendalilkan kalo dalam musik Amerika, solo gitar udah jadi pelengkap yang diperlukan, alih-alih tambahan yang diilhami. Menurutnya kadang juga ada solo gitar yang mengambil keberadaan wajib, di mana solo gitar yang terdistorsi diisi untuk delapan bar dalam lagu hingga kuota terpenuhi.

“Nggak heran orang melewatkan solo gitar ketika mereka mendengarkan lagu. Bahkan gue juga kadang meleatkannya,” ujar Friedman.

Friedman juga melanjutkan, “Bayangkan lagu Queen mana pun yang ada solo gitar acak yang masuk akal. Solo itu pasti bakal di-skip. Jadi, alih-alih memiliki solo gitar dalam lagu hanya demi keakraban, atau karena solo gitar terdengar keren (biasanya begitu), itu pasti ada untuk alasan yang lebih dalam daripada itu.”

Nggak tau sih, dari mana pria kelahiran Amerika ini sampai punya teori kayak gitu. Cuma itu tertera pada postingan Facebook yang doi bagikan minggu lalu. Di mana Friedman mengatakan "solo gitar" lagi jadi trending topic di Jepang, dan data terbaru itu menunjukkan kalo di Jepang banyak yang langsung skip ke lagu berikutnya saat mendengarkan solo gitar.

Lebih lengkapnya, lo bisa langsung baca nih postingannya Friedman di bawah ini ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest