Follow Us

Lewat Seleksi Jalur Prestasi, Hafidz Quran Bisa Masuk Unnes Tanpa Tes! 

Tanya Audriatika - Sabtu, 23 April 2022 | 10:46
Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Wikimedia

Universitas Negeri Semarang (Unnes)

HAI-ONLINE.COM - Melalui jalur prestasi, Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menerima siswa yang memiliki bakat istimewa. Salah satunya adalah siswa penghafal Al-Quran atau hafidz.

Melalui jalur Seleksi Mandiri Prestasi, siswa yang hafidz dapat diterima di Unnes tanpa tes.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman MHum mengatakan, kemampuan siswa menghafal Al-Quran sudah membuktikan bahwa mereka adalah siswa cerdas.

Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi dites kecerdasannya.

“Allah telah menjanjikan untuk mengangkat derajat manusia yang berilmu. Para hafidz adalah anak-anak yang berilmu dan memiliki bakat istimewa. UNNES ingin anak-anak dengan bakat istimewa itu mendapat fasilitas melanjutkan pendidikannya,” kata Prof Fathur, dilansir dari laman Unnes, Jumat (22/4/2022).

Ia menambahkan, sebagai rumah Ilmu Pengembangan Peradaban, Unnes menghargai siapa pun yang memiliki komitmen mengembangkan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Mahasiswa Unnes Bikin Minyak dari Kelapa Lokal

Bukan hanya ilmu pengetahuan modern, namun juga menghargai siswa yang memiliki ilmu dalam bidang agama.

“Komitmen UNNES sebagai Rumah Ilmu adalah menjadi pengembang peradaban unggul. Siswa penghafal Al-Quran adalah anak muda yang memiliki keunggulan. Bakat mereka harus difasilitasi agar terus berkembang,” lanjutnya.

Penerimaan jalur hafidz ini harus dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yakni hafal Al-Quran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk yang non muslim.

Selain bagi hafidz, ia juga turut mengundang siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni, olahraga, atau sains untuk bisa menimba ilmu di Unnes melalui jalur prestasi.

Mereka diharapkan melampirkan bukti-bukti prestasi kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu, mereka lanjut ke tahap wawancara.

Jalur prestasi ini adalah bagian dari seleksi mandiri yang diselenggarakan Unnes pada penerimaan 2022.

Informasi lebih lanjut ke laman penerimaan.unnes.ac.id. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest