Follow Us

Peringatan Hari Kartini: Masa Sekolah, Remaja dan Cita-Cita serta Dukungan Kekasih

Al Sobry - Kamis, 21 April 2022 | 06:03
Inilah Teras Pendopo Tempat RA Kartini Mengajar
Dok.istimewa

Inilah Teras Pendopo Tempat RA Kartini Mengajar

HAI-Online.com - Sejarah terus mencatat kehidupan RA. Kartini hingga sekarang. Meski hidupnya singkat hanya sampai 25 tahun, jasanya dikenang sepanjang zaman.

Gadis Remaja Intelektual

Raden Adjeng (RA) Kartini merupakan keturunan priyayi Jawa, anak dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah. Dia lahir di Jepara, 2 April 1879.

Kartini merupakan anak kelima dari 11 bersaudara dan merupakan anak perempuan tertua. Salah satu saudaranya yang terkenal adalah kakaknya, yakni Sosrokartono yang merupakan intelektual di bidang bahasa.

Kartini bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS). ELS merupakan sekolah untuk orang Belanda dan orang Jawa yang kaya.

Tidak diketahui sejak usia berapa Kartini bersekolah di ELS. Namun, tercatat bahwa dia bersekolah hingga usia 12 tahun. Setelahnya, dia harus tinggal di rumah karena sudah masuk masa pingitan.

Mengutip buku R.A. Kartini: Biografi Singkat 1879 - 1904 yang ditulis oleh Imron Rosyadi, Kartini bebas dari masa pingitan di usia 16 tahun.

Baca Juga: Nggak Cuma Habis Gelap Terbitlah Terang, Ini 15 Kata-kata Menggugah dari Hari Kartini

Sejak bebas dari masa pingitan, Kartini melakukan sejumlah perubahan, termasuk pergaulannya dengan adik-adik perempuannya, Roekmini dan Kardinah.

Mereka melawan budaya yang tak perlu berjongkok-menyembah kepada lawan jenis saat ingin bicara.

Menikah Muda

Tahun 1903, Kartini menikah (dinikahkan) dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat (bupati Rembang).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest