Follow Us

Kementerian Kesehatan dan UN WFP Bikin Campaign Gizi Seimbang Remaja, #KerenDimakan

Alvin Bahar - Minggu, 17 April 2022 | 11:05
Kampanye #KerenDimakan ajak remaja gemar makan sayur dan buah sebagai makanan sehat
iStockphoto

Kampanye #KerenDimakan ajak remaja gemar makan sayur dan buah sebagai makanan sehat

HAI-ONLINE.COM - Masih punya pola makan asal kenyang? Anti buah dan sayur? Wah, jangan begitu, sob.

Kalo punya mindset begitu, gizi yang masuk ke tubuh nggak seimbang. Yang pastinya berpengaruh ke aktivitas dan bentuk tubuh juga.

Padahal, di studi kualitatif Kantar (2021) yang berjudul Understanding Health and Nutrition Among Adolescents menunjukan bahwa remaja memiliki konsepsi ideal terhadap bentuk tubuh, misalnya terlihat atletis untuk pria dan langsing untuk perempuan.

Nah, buat ngubah kebiasaan, mungkin bisa cek campaign dari kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan United Nations World Food Programme (UN WFP) nih.

Mereka bikin #KerenDimakan, mendukung strategi Kementerian Kesehatan melalui pilar kedua Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mempromosikan konsumsi sayur dan buah.

Secara nasional, pemerintah telah menggalakan kampanye “Isi Piringku” yang jadi panduan praktis bagi orang Indonesia untuk mengadopsi pola makan dengan prinsip gizi seimbang.

Baca Juga: Kementerian Pendidikan Taiwan Buka Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2022, Dapat Rp 12,8 Juta Per Bulan

“#KerenDimakan bertujuan mengedukasi remaja di Indonesia untuk menerapkan gizi seimbang dengan mengikuti panduan “Isi Piringku”. Setengah isi piring diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk, sedangkan setengah bagian lainnya diisi sayur dan buah. Dengan menerapkan panduan ini, kecukupan gizi remaja akan dapat terpenuhi,“ ujar Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO.

Untuk menciptakan generasi yang lebih sehat, remaja Indonesia perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai gizi seimbang.

Kementerian Kesehatan juga mengajak para remaja Indonesia untuk melengkapi kebiasaan sehat ini dengan beraktivitas fisik minimal 30 menit per hari, minum air 8 gelas sehari dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

Sebagai perwakilan remaja Indonesia di kampanye #KerenDimakan, Shalina Hanifa, berbagi praktik sederhana dalam mencintai diri sendiri.

“Saya perlu stamina yang baik untuk menunjang berbagai kegiatan, salah satunya sebagai penari saman. Menjaga pola makan sehat dan seimbang membantu saya tetap optimal beraktivitas. Yuk teman-teman, mulai self-love dengan makan sayur dan buah setiap hari!” ajak Shalina.

Ketahui lebih banyak tentang kampanye #KerenDimakan serta informasi tentang pilihan makanan sehat di Instagram @KerenDimakan, Facebook Keren Dimakan dan Twitter @KerenDimakan

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest