Follow Us

Throwback MTV Unplugged Paling Gokil, Nirvana & Alice in Chains!

Reinaldy Royani - Selasa, 05 April 2022 | 11:20
Potret Dua Legenda Grunge Kurt Cobain(kiri) dan Layne Staley

Potret Dua Legenda Grunge Kurt Cobain(kiri) dan Layne Staley

Dan bertepatan dengan 28 tahun dan 20 tahun hari meninggalnya dua legenda grunge Kurt Cobain dan Layne Staley pada tanggal 5 April ini.

Nah, HAI bakal sedikit ngasih throwback penampilan ikonik dua wajah musik 90an ini dan bagaimana penampilan Nirvana dan Alice in Chains menjadi penampilan MTV Unplugged paling fenomenal dan memorable sepanjang sejarah.

Pertama Nirvana live at MTV Unplugged 1993. Band dengan total 3 album ini melakukan sesi Unplugged di tanggal 16 Desember 1993.

Alih-alih memainkan single hits seperti ‘Smells Like Teen Spirit’ dan ‘In Bloom’, mereka memainkan lagu-lagu mereka yang bukan hits dan lagu cover dari The Vaselines, David Bowie, Lead Belly, dan Meat Puppets.

Baca Juga: NFT Nirvana Bakal Dirilis di Hari Ulang Tahun ke-55 Kurt Cobain

Dan berbeda dari MTV Unplugged yang lainnya yang menampilkan set full akustik, Nirvana memakai ampli eletrik dan efek gitar selama set.

Nirvana melibatkan gitaris ritem Pat Smear, pemain cello Lori Goldston, dan member dari Meat Puppets untuk beberapa lagu.

“Kami melihat Unplugged lainnya dan nggak suka dengan konsep yang mereka bawakan karena kebanyakan memperlakukan penampilan ini seperti show rock yang besar dengan memainkan lagu-lagu hits seolah-olah main di Madison Square Garden, tapi dengan gitar akustik.” jelas Drummer Nirvana, Dave Grohl tentang konsep Unplugged yang mereka bawakan.

Lalu Nirvana merilis penampilan mereka sebagai album live ‘MTV Unplugged in New York’ pada 1 November 1994 lewat DGC Records.

Selanjutnya penampilan MTV Unplugged dari Alice in Chains yang sampai saat ini masih melekat di telinga para fans khususnya lagu ‘Nutshell’.

Band yang identik dengan format duo vokalis Layne Staley dan Jerry Cantrell ini melakukan show MTV Unplugged pada tanggal 10 April 1996 di Brooklyn Academy of Music’s Majestic Theatre.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest