Follow Us

Menurut World Economic Forum, Ini 5 Pekerjaan dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Alvin Bahar - Sabtu, 02 April 2022 | 19:05
Ilustrasi pekerjaan baru
iStockphoto

Ilustrasi pekerjaan baru

HAI-ONLINE.COM - Banyak yang berubah gara-gara pandemi COVID-19, salah satunya gara-gara peristiwa tersebut memberikan disrupsi besar bagi dunia pekerjaan.

Menurut laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul Future of Jobs Report 2020, terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam lima tahun ke depan.

Dapat dikatakan bahwa perusahaan sekarang telah mengadopsi pemanfaatan teknologi dalam mengefisiensikan tenaga kerja bersamaan dengan tujuan bisnisnya.

Tomy Yunus, selaku CEO dan Co-Founder Cakap, salah satu perusahaan edtech di Indonesia, mengatakan bahwa integrasi antara bisnis dan teknologi membuat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kapasitas digital yang handal.

“SDM Indonesia perlu memperkaya diri dengan kompetensi dan skill yang relevan di zaman sekarang. Dapat dilihat dari laporan Future of Jobs dari WEF yang memberikan beberapa pekerjaan serta skill yang paling dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan. Pekerjaan yang berkaitan dengan sistem komputer dan digitalisasi merupakan peran yang paling dibutuhkan,” paparnya.

Terus, apakah hanya lulusan IT yang bisa memiliki pekerjaan dengan prospek yang menjanjikan ini?

“Tentu nggak harus lulusan IT. Setiap orang bisa mempelajari skill komputer tersebut dari berbagai sumber, salah satunya platform pembelajaran daring,” tambah Tomy.

Berdasarkan laporan dari WEF, berikut 5 pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan dan paling dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang:

Baca Juga: YBM BRI 2022 Kembali Buka Beasiswa Untuk Siswa SMA-SMK Sederajat Nih

Data Analyst atau Data Scientist

Data analyst merupakan peran yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya.

Data analyst menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data dalam pekerjaan sehari-harinya, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest