Follow Us

13 Pekerjaan yang Nggak Bakal Tergantikan Robot di Masa Depan, Salah Satunya Penyanyi!

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 30 Januari 2022 | 17:05
Robot T-HR3 (Toyota Humanoid Robot) memperagakan responsnya atas gerak manusia di Tokyo Motor Show 2019. Selain bisa menirukan gerak, robot ini juga bisa merespons gerak manusia seperti melambaikan tangan sebagai balasan lambaian tangan.
(Kompas.com/Wisnu Nugroho)

Robot T-HR3 (Toyota Humanoid Robot) memperagakan responsnya atas gerak manusia di Tokyo Motor Show 2019. Selain bisa menirukan gerak, robot ini juga bisa merespons gerak manusia seperti melambaikan tangan sebagai balasan lambaian tangan.

HAI-Online.com – Kemajuan teknologi diprediksi bakal membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh robot.

Salah satunya ketika beredar wacana pemerintah akan menggantikan beberapa posisi yang diisi manusia atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan robot.

Walaupun Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan lebih pintar dan lebih efisien daripada manusia, namun ada pekerjaan-pekerjaan yang nggak akan pernah tergantikan oleh robot karena berbagai keterbatasannya.

Baca Juga: Virus NeoCov Ditemukan di China, Diklaim Varian Covid Paling Baru dan Berbahaya Setelah Omicron

Menurut Chan Priya, Data Scientist yang banyak mempelajari soal machine learning, ada setidaknya 13 pekerjaan yang nggak akan tergantikan oleh robot, seperti dilansir dari Medium.

  1. Manager Sumber Daya Manusia
AI atau robot pada dasarnya dapat membantu mencocokkan kandidat pekerjaan dengan pekerjaan tertentu, menginterpretasikan bagaimana kandidat dapat bekerja dan mengambil keputusan.

Tetapi dalam beberapa kasus, seorang pelamar bisa saja hanya terlihat hebat "di atas kertas". Dalam hal ini, AI nggak bisa membantu memilih kandidat yang tepat.

Sangat sulit untuk mengotomatisasi manajemen dan pengembangan manusia.

Jadi manajer sumber daya manusia harus memiliki keterampilan interpersonal dan penalaran yang baik untuk memahami sesama manusia lebih baik serta berpikir di out of the box.

Oleh karena itu, manajer sumber daya manusia harus dikerjakan oleh manusia.

Baca Juga: Ramai Wacana Pemerintah Ganti PNS dengan Robot (AI), Nggak Ada Lagi Pungli?

  1. Analis Sistem Komputer
Analis sistem komputer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan komputer tapi paling nggak terancam oleh AI.

Source : Medium

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest