Follow Us

Pernah Mengalami Burnout? Ketahui Nih Pengertian dan Ciri-cirinya

Ferry Budi Saputra - Senin, 21 Agustus 2023 | 13:23
Ilustrasi burnout
iStockphoto

Ilustrasi burnout

HAI-Online.com - Burnout jadi salah satu hal yang sering dialami siapa saja termasuk anak muda. Burnout ditandai dengan merasa sulitnya untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana, merasa stres hingga emosi meledak-ledak.

Melansir Kompas.com, menurut psikolog Cleveland Clinic Adam Borland, bournout adalah kondisi saat tubuh mengalami lelah fisik, mental, dan emosional.

Orang yang mengalami burnout juga mengalami penurunan motivasi kerja, penurunan kinerja, dan selalu berpikir negatif.

"Burnout terjadi saat kita tidak menyadari bahwa diri kita sudah lelah sampai melewati batasan kemampuan diri. Hal umum penyebab burnout adalah sulit menemukan batasan yang diperlukan untuk mengelola kehidupan pribadi dan tuntutan pekerjaan,” kata Borland.

Ciri-ciri burnout

Perlu kalian ketahui berikut ini ciri-ciri orang mengalami burnout:

1. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala utama dari burnout dan dapat mempengaruhi semua bidang kehidupan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keinginan tidur sepanjang waktu, atau bahkan tugas-tugas sederhana membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

2. Sakit kepala

Sakit kepala tegang adalah efek samping yang sering terjadi akibat burnout. Tentu sakit kepala ini akan mempengaruhi produktifitas dalam bekerja

3. Perubahan pola makan dan tidur

Orang yang mengalami burnout juga kerap mengalami perubajan dalam pola tidur dan pola makannya. Bisa jadi, mareka terlalu banyak tidur atau justru nggak bisa tidur sama sekali, begitupula dalam hal pola makan. Burnout juga bisa membuat penderitanya makan berlebihan atau nggak nafsu makan sama sekali.

Perlu kalian ketahui, gejala burnout memang mirip dengan depresi. Akan tetapi, burnout cenderung menjadi respons terhadap lingkungan atau situasi tertentu, seperti bekerja lebih lama dari biasanya. Sementara itu, depresi bisa terjadi tanpa ada pemicu spesifik.

Apabila kalian mengalami burnout, pergi berlibur bisa menjadi cara yang tepat untuk menguranginya. Nah, itulah ciri burnout yang harus kalian ketahui.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Gejala Burnout dan Bedanya dengan Depresi"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular