Follow Us

Sambil Menyelam, Mahasiswa Unpad Kembangkan Alat Jaring Komoditas Unggulan di Pangandaran

Tim Redaksi - Senin, 28 Maret 2022 | 14:00
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti beserta pimpinan melakukan panen kerapu di dermaga karamba jaring apung (KJA) FPIK Hebat di pesisir Pantai Timur Pangandaran, Minggu (27/3/2022).
Foto: Dadan Triawan

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti beserta pimpinan melakukan panen kerapu di dermaga karamba jaring apung (KJA) FPIK Hebat di pesisir Pantai Timur Pangandaran, Minggu (27/3/2022).

HAI-ONLINE.COM - Universitas Padjadjaran melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan kembangkan karamba jaring apung (KJA) di pesisir Pantai Timur Pangandaran.

Keramba yang menjadi implementasi hibah Matching Fund Kedaireka ini selain dikembangkan budi daya, tetapi juga menjadi media pembelajaran dan pengembangan wisata edukasi di Pangandaran.

Dekan FPIK Unpad Dr. Sc. Agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si., menjelaskan, ada tiga komoditas perikanan yang dikembangkan di KJA.

Tiga komoditas tersebut yaitu lobster, kerapu, dan bawal bintang. Komoditas tersebut merupakan komoditas unggulan perairan Indonesia.

“Kita fokus di lobster karena menjadi salah satu ikhtiar menyelesaikan masalah lobster di Indonesia. Karena itu, budi daya lobster menjadi suatu penelitian FPIK Unpad,” kata Yudi saat mendampingi Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta pimpinan universitas dan fakultas melakukan panen lobster dan kerapu di dermaga KJA FPIK Hebat, Pangandaran, Minggu (27/3/2022).

Melansir dari laman Unpad, Senin (28/3/2022), selain budi daya, KJA Intan juga dilengkapi dengan kolam khusus untuk pelatihan menyelam (diving).

Baca Juga: Inilah Daftar jurusan Saintek Unpad beserta Daya Tampung di SNMPTN 2022

Yudi menjelaskan, kemampuan menyelam menjadi keterampilan wajib khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan. Untuk itu, lokasi ini menjadi sarana untuk pelatihan menyelam mahasiswa.

Dalam perkembangannya, kolam latihan ini tidak hanya digunakan mahasiswa FPIK Unpad. Beberapa mahasiswa kelautan dari perguruan tinggi lain pun ada yang melakukan latihan di kolam tersebut.

“Kita sudah punya dosen yang memiliki sertifikat diving internasional,” kata Yudi.

Selain itu, KJA Intan juga menjadi wahana riset pengembangan instrumen kelautan. Riset tersebut dimotori Dosen Departemen Kelautan Noir Primadona Purba, M.Si. Bersama tim, Noir telah mengembangkan instrumen pengukuran data karakteristik perairan secara berkala.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest