Follow Us

Wacken Open Air Metal Battle Indonesia Digelar Lagi, Kali Ini Fokus ke 'Metal Asli Indonesia'

Alvin Bahar - Kamis, 17 Maret 2022 | 11:12
Wacken Open Air (W:O:A) Metal Battle Indonesia
W:O:A Metal Battle Indonesia

Wacken Open Air (W:O:A) Metal Battle Indonesia

HAI-ONLINE.COM - Yang ngaku bandnya cadas, ada kabar baik nih! Wacken Open Air (W:O:A) Metal Battle bakal digelar lagi di Indonesia!

W:O:A Metal Battle Indonesia harus tertunda di 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun kini lampu hijau kembali dinyalakan oleh pihak Wacken Open Air, Jerman dan W:O:A Metal Battle Indonesia pun bisa digelar lagi.

"W:O:A Metal Battle Indonesia diharapkan bisa menjadi wadah untuk menampung karya dan semangat yang terus dipelihara para pelaku musik cadas," tulis W:O:A Metal Battle Indonesia di press release.

"Gelaran ini penting demi mempertahankan posisi Indonesia, terutama di mata penyelenggara Wacken Open Air yang menilai bahwa Indonesia adalah peserta dengan antusiasme yang sangat tinggi dan memiliki amunisi-amunisi mematikan yang belum tersorot secara layak di mata internasional," lanjutnya.

Namun, nggak sembarang musik cadas nih yang jadi pertimbangan W:O:A Metal Battle Indonesia buat milih band yang layak buat jadi juara.

Tahun ini, W:O:A Metal Battle Indonesia punya konsep buat mengangkat musik cadas yang kuat dengan karakter ke-Indonesiaan, yang kemudian disebut dengan “Metal Indonesia”.

Baca Juga: Karya DTBTNS Season 2 Makin Variatif, Rekti 'The SIGIT' Akui Keberanian Para Peserta!

Definisi metal Indonesia bisa mengacu pada kolaborasi antara musik metal dengan unsur budaya lokal, baik dari segi musik, kostum, instalasi, aksi panggung dan lain-lain.

W:O:A Metal Battle Indonesia ingin sebuah sajian yang hanya bisa ditemukan di band yang berasal dari Indonesia menjadi sesuatu yang berbeda dan spesial yang bisa ditampilkan di Wacken Open Air.

"Dengan strategi ini, diharapkan Indonesia bisa merebut gelar juara," tuturnya.

Band-band dipersilakan untuk mengembangkan sajiannya, terutama di panggung final," tuturnya. W:O:A Metal Battle Indonesia punya lima orang juri utama: tiga orang dari lokal dan dua orang juri internasional.

Nama-nama juri akan diumumkan di waktu mendatang.

Sebelumnya, W:O:A Metal Battle Indonesia pernah mengirimkan band selama tiga tahun berturut turut.

Setelah melewati proses seleksi yang ketat melawan ratusan band dari berbagai kota di Indonesia, Beside (Bandung) di tahun 2017, Down for Life (Solo) di tahun 2018 lalu Taring Bandung) di tahun 2019 terpilih untuk mewakili Indonesia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest