Follow Us

Musisi Wajib Baca, Ini 5 Cara Dapat Uang Banyak Dari Bermusik

Mohammad Farras Fauzi - Jumat, 11 Maret 2022 | 09:22
Ilustrasi bermusik
Dok. HAI

Ilustrasi bermusik

HAI-ONLINE.COM - Menghasilkan uang banyak dari musik? Pembahasan dan topik yang cukup tricky nih emang. Apalagi kita semua juga tahu semua bidang kerja dan ranah industri lagi ada di masa susah sekarang.

Diskursus seputar bagaimana memonetisasi musik dalam skala masif emang banyak mengundang perdebatan di dalamnya. Terutama di Indonesia, kita semua tahu kalo memenuhi kebutuhan primer aja belum semua orang bisa dapatkan; apalagi musik, yang sebenarnya bukan kebutuhan primer banget.

Udah deh, HAI nggak mau diskusi panjang lebar mengenai hal tersebut karena banyak banget variabel dan data yang harus dipretelin di sana-sini. Kini, HAI pengen fokus aja nih untuk mengajak kalian supaya mengerti gimana sih caranya dapet uang banyak dari bermusik.

Zaman sekarang, teknologi dan informasi udah bikin celah ini terbuka lebar. Tinggal gimana kalian aja mau memanfaatkannya atau nggak. Nggak ada salahnya kan hobi bermusik sekaligus menghasilkan banyak uang? Simak nih 5 cara versi HAI untuk dapet uang banyak dari bermusik. Sikat!

Memulai Kanal YouTube

Cara ini emang mungkin cukup klise dan cenderung gambling, karena banyak banget musisi konvensional ataupun non-konvensional yang berhasil meraup banyak keuntungan melalui cara ini.

Tapi keistimewaan nggak pernah hadir tanpa usaha keras, bukan? Untuk contoh paling nyata, tentu kalian sudah paham betul dengan sosok Alifbata ataupun Deden Noy. Mereka berdua sadar betul kalo kemampuan bermusik mereka bukan hanya menghibur, tapi juga menghasilkan pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari hobi.

Menjadi Penulis Lagu untuk Musisi Lain

Metode ini banyak sebutannya yang disesuaikan dengan ragam dan porsi kerjanya. Ada songwriter, song-arranger, hingga menjadi produser.

Puluhan hingga ratusan juta rupiah bisa diraih lewat jasa dan kreativitas yang disalurkan untuk ide musik, hingga tatanan suara dan bagan lagu untuk dipopulerkan oleh musisi lainnya. Dalam bidang kerja ini, kita bisa mencontoh Laleilmanino yang telah mengaplikasikan metode ini dengan sangat baik.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest