Follow Us

Lawan Screen Time Kamu, Ini 10 Besar Provinsi yang Gemar Membaca di Indonesia 2022

Al Sobry - Selasa, 08 Maret 2022 | 07:46
Lawan Screen Time Kamu, Ini 10 Besar Provinsi yang Gemar Membaca di Indonesia 2022
Unuverlist

Lawan Screen Time Kamu, Ini 10 Besar Provinsi yang Gemar Membaca di Indonesia 2022

Dalam laporan bertajuk Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat dan Unsur Penyusunnya Menurut Provinsi 2021 itu, beberapa indikator digunakan untuk menentukan tingkat minat baca warga tiap provinsi.

Baca Juga: Merayakan Sikap Emosional di Tengah Kehilangan dan Keputusasaan via Lagu Terbaru Placebo 'Happy Birthday In The Sky'

Indikator-indikator itu adalah frekuensi membaca per minggu, durasi membaca per hari, banyaknya buku yang dibaca per triwulan, frekuensi akses internet per minggu, dan durasi akses internet per hari.

Laporan dari BPS tersebut membeberkan, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi paling gemar membaca. DIY mendapatkan skor kegemaran tertinggi di Indonesia dengan nilai 70,55.

Frekuensi membaca masyarakat di Kota Gudeg itu lebih dari 6 jam per minggu dengan jumlah bacaan 5-6 per tiga bulan. Artinya hampir 1 jam sehari mereka menyempatkan membaca.

Nah, sementara posisi kedua diisi oleh Jawa Tengah dengan nilai 68,30. Posisi ketiga ditempati oleh Jawa Barat dengan nilai 65,34.

Menyusul warga di Kalimantan Timur ada di posisi keempat dengan skor rajin membaca: 64,85. Mereka suka membaca 5-6 jam per minggu dan menghabiskan 5 buku per tiga bulannya.

Baca Juga: Gerak Yuk, Ini 5 Tips Peregangan Simpel yang Bisa Dilakuin Sambil Screen Time di Rumah

Di posisi kelima, ada warga Jawa Timur yang skor kegemaran membacanya sedikit tipis dari Kaltim yaitu 64,20.

Selanjutnya secara berturut, ada Aceh, Sulawesi Selatan, NTT, Lampung dan DKI Jakarta. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest