Follow Us

Daftar Lengkap Nominasi Piala Maya 10: Digelar Online Karena Pandemi

Alvin Bahar - Minggu, 06 Maret 2022 | 20:26
Maizura Saat Meraih Penghargaan Piala Maya 2019
Instagram.com/maiiizura

Maizura Saat Meraih Penghargaan Piala Maya 2019

HAI-ONLINE.COM - Daftar nominasi Piala Maya 10 telah diumumkan melalui akun resmi media sosial Instagram @pialamaya. Sebanyak 29 kategori (15 kategori teknis, 8 kategori pemeranan, dan 6 kategori non-film cerita panjang) diumumkan secara bertahap selama 3 hari hingga tanggal 28 Februari 2022.

Piala Maya 10 yang khusus mengapresiasi film-film yang tayang pada periode 1 Januari hingga 31 Desember 2021, kali ini mengusung tema INTERACT10N : Aksi, Reaksi, Interaksi.

Pengumuman Pemenang Terpilih akan diselenggarakan pada akhir pekan tanggal 12-13 Maret 2022 melalui akun instagram @PialaMaya, sebagai bentuk dukungan apresiasi pada bulan film nasional menyambut Hari Film Nasional ke-72 tanggal 30 Maret 2022 mendatang.

Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Pengumuman Pemenang Terpilih secara online, menyikapi situasi pandemi yang belum memungkinkan untuk mengadakan acara penghargaan secara offline.

Baca Juga: Jason Momoa Bakal Jadi Penjahat di Fast and Furious 10

“Tema INTERACT10N dipilih karena Piala Maya berawal dari interaksi di media sosial Twitter tahun 2010 dan 2011 sebagai bentuk rangkuman film-film paling berkesan sepanjang tahun tersebut. Dalam perjalanannya, Piala Maya mulai mengadakan acara penghargaan sejak tahun 2012, dengan mengajak pencinta film Indonesia baik dari beragam profesi sebagai Komite Pemilih, mau pun sebagai panitia pelaksana," ucap Hafiz Husni dari @FILM_Indonesia, selaku penggagas Piala Maya.

"Interaksi yang tercipta ini lah yang membuat Piala Maya turut memberi warna dalam ranah apresiasi karya film di Indonesia. Pencinta film Indonesia memberikan interaksinya dalam mengapresiasi film-film yang paling berkesan baik secara keseluruhan maupun unsur atau elemen tertentu pada suatu film melalui media sosial sebagai variasi warna dalam mengapresiasi karya," lanjutnya.

Panitia mencatat terdapat 94 film cerita panjang Indonesia yang tayang di bioskop maupun layanan streaming (OTT) yang masuk dalam penjurian Komite Seleksi Piala Maya 10.

Selain itu panitia juga menerima 145 karya film pendek, film dokumenter dan film animasi pendek melalui submisi terbuka Piala Maya 10 yang dibuka sejak awal Januari 2022.

Komite Seleksi khusus film-film submisi yang terdiri dari 7 orang perwakilan dari film reviewer, programer, praktisi media sosial, serta perwakilan akademisi telah melakukan proses seleksi atas seluruh film yang masuk berupa rekomendasi dan diskusi untuk film cerita pendek, film dokumenter, dan film animasi pendek, hingga mengerucut menjadi Nominasi yang telah diumumkan.

Hasil Nominasi ini selanjutnya akan ditonton oleh Komite Pemilih yang lebih luas.

Komite Seleksi Piala Maya yang diketuai oleh movie reviewer dr. Daniel Irawan, atau lebih dikenal sebagai @danieldokter menuturkan harapannya atas penyelenggaraan Piala Maya dari tahun ke tahun, “Tetap menjadi ruang apresiasi dari pencinta film Indonesia terhadap karya-karya baik dan berkesan sepanjang tahunnya, kami selaku komite pemilih di tahun ke-10 penyelenggaraan Piala Maya tetap berkomitmen untuk membuka ruang-ruang evolusi baru seiring maraknya ragam platform film Indonesia yang ada.”.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest