Follow Us

TIFF Setuju Film Indie Rusia Masuk, Tapi Melarang Delegasi Resmi Datang

Tim Redaksi - Jumat, 04 Maret 2022 | 17:10
Toronto Film Festival
(BRIAN DE RIVERA SIMON/GETTY IMAGES)

Toronto Film Festival

HAI-ONLINE.com - The Toronto Film Festival (TIFF) menjadi festival film besar yang menunjukkan solidaritasnya kepada Ukraina setelah diserang pasukan Rusia dengan mengumumkan boikot sebagian industri film Rusia.

Melansir The Hollywood Reporter, Kamis, (3/3/2022), penyelenggara TIFF mengatakan mereka akan menyambut filmmaker indie Rusia ke festival tahun ini tetapi melarang delegasi resmi Rusia datang ke acara tersebut.

“TIFF menentang invasi Rusia ke Ukraina dan deklarasi perang ini menandakan. Kami berharap untuk segera kembali ke perdamaian dan stabilitas di kawasan itu, dan kami memberikan dukungan kami kepada orang-orang Ukraina dan orang-orang di Rusia yang menentang serangan ini, ”kata festival itu dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis lalu.

Penyelenggara festival berhenti melarang film-film Rusia individu dari pemilihan resminya setiap September atau program sepanjang tahun, karena banyak di antaranya dibiayai pemerintah.

Sebagai organisasi seni yang didedikasikan untuk mengubah cara orang melihat dunia melalui film, pihak TIFF dengan tegas mendukung seniman dan kebebasan berekspresi mereka.

"Kami akan terus memasukkan film-film dari pembuat film independen Rusia dalam program kami di Festival Film Internasional Toronto dan sepanjang tahun di TIFF Bell Lightbox,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Sean Penn Syuting Film Dokumenter di Ukraina tentang Invasi Rusia

TIFF akan melarang kontak dengan delegasi resmi industri film Rusia saat bergabung dengan festival film besar lainnya yang berdiri dalam solidaritas dengan Ukraina.

“TIFF akan menangguhkan partisipasi organisasi film dan media yang didukung oleh negara Rusia, serta duta budaya dan delegasi Rusia yang terkait dengan festival kami,” tambah organisasi itu.

Penyelenggara festival Toronto menambahkan bahwa mereka akan “memperkuat suara film maker Ukraina dan Rusia independen yang terus menerangi pemahaman soal konflik di wilayah tersebut.”

Tanggapan itu diikuti serangkaian tindakan dari industri film dan TV global untuk mendukung Ukraina, dengan perusahaan-perusahaan semakin memberikan sanksi kepada Rusia setelah invasi.

Cannes bilang kalau tidak akan menyambut delegasi Rusia atau siapa pun yang terkait dengan pemerintah Rusia untuk edisi 2022 di Mei.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest