Follow Us

Apakah Berkarier di Dunia Esports Mesti Ngerti Sama Video Game?

Alvin Bahar - Minggu, 06 Maret 2022 | 09:05
Ilustrasi eSports

Ilustrasi eSports

HAI-ONLINE.COM - Esports udah nggak bisa dipandang sebelah mata lagi, meski sejujurnya masih banyak juga yang meragukan jenjang kariernya.

Padahal, di dunia esports bukan cuma jadi pemain game aja kok.

Hal tersebut yang dibahas di webinar “Meniti Karier Dalam Industri Esports” yang digelar UniPin Community (UNITY) Selasa (22/2).

UNITY melihat adanya perkembangan dan peluang besar untuk berkarier di industri esports, plus berbagai permasalahan seperti tantangan-tantangan harus dihadapi ketika terjun di dunia tersebut.

Jadi, di esports bisa ngapain aja?

Kevin Reinaldy, Business Development & Partnership Manager Wall Street English Indonesia dalam paparannya menyebutkan lima peluang karier paling populer di industri esports.

“Berdasarkan data dari Forbes, kalau di esports, yang paling populer adalah menjadi game developer, desainer, animator, content writer, dan streamer. Kalau dari yang saya lihat juga, karier di dunia esports itu lebih besar daripada the regular company-nya itu sendiri,” ucapnya.

Mengamini paparan Kevin, Tasia Eda Lestari, Analyst & Manager dari Bigetron Era mengatakan peluang karier pada industri esports lebih dari apa yang dilihat orang seperti pro player atau streamer.

Bahkan, nggak perlu ngerti game sampai ngelotok juga.

Di balik itu semua, ada pula manajer tim, legal, social media manager, legal, juga tim finance yang mengatur keuangan dalam tim esports.

Dalam pekerjaan-pekerjaan itu, komunikasi menjadi hal yang penting dan harus selalu diutamakan.

Baca Juga: Jadi Karakter di Game 'WWE 2K22', Machine Gun Kelly: Silakan Banting Gue Sesuka Kalian

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest