Follow Us

Rayakan 10 Tahun Berkarya, Tulus Kupas Detail Album Manusia

Tim Redaksi - Jumat, 04 Maret 2022 | 19:35
Tulus - Manusia
Press Photo by Dhimo Juli

Tulus - Manusia

HAI-ONLINE.com - Tulus, baru saja meluncurkan album ke-5 nya yang berjudul Manusia dalam rangka merayakan 10 tahun berkarya di dunia musik.

Pelantun Adu Rayu itu bercerita soal alasan diberikan judul "Manusia" karena album ini menjadi representasi dari lagu-lagu di dalamnya yang menceritakan ragam dinamika rasa manusia.

“Banyaknya interaksi dengan manusia jadi dalam album Manusia ini banyak sekali menceritakan ragam rasa, dinamisnya, rasa yang kita rasakan sebagai manusia,” kata Tulus melalui press conference online, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Raisa Bakal Rilis Single Cinta Sederhana dan Album It's Personal Setelah 7 Tahun Berlalu

Album ke-5 yang berisi 10 lagu itu dikemas dalam warna biru juga bukan tanpa alasan. Dalam album ini, Tulus ingin menawarkan hal baru, baik dari penulisan lirik sampai aransemen lagunya.

“Karena album ini menawarkan hal baru dari penulisan lirik, kemudian aransemennya juga, kita berdiskusi warna apa yang mempresentasikan ini, kita memilh warna yang masih bersinggungan dengan album-album sebelumnya, jadi terasa progressnya tetapi masih terasa segar, sehingga lahirlah warna biru.” ungkapnya.

Album yang dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun ke belakang ini dihadirkan Tulus dengan lirik yang semakin matang sekaligus mengedepankan keeleganan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Rayakan Satu Dekade Berkarya, Tulus Ajak Ratusan Kolaborator untuk Garap Album Baru 'Manusia'

Adapun perbedan dari album pertama dan kelima dirasakan oleh Tulus, namun di saat yang bersamaan, ia ingin menghadirkan suatu karya yang baru namun masih terasa familiar bagi pendengarnya.

“Saat merilis album baru, saya selalu berusaha menghadirkan sesuatu yang baru, tapi tidak terdengar asing. Jadi, teman-teman yang mendengarkan akan mendapatkan sesuatu yang baru, namun tetap tidak terasa asing di telinga mereka saat didengarkan,” kata penyanyi yang mengedepankan keeleganan Bahasa Indonesia dalam liriknya.

Lewat press conference Tulus juga berterima kasih kepada Teman Tulus (sebutan penggemar Tulus) yang telah mendukungnya sejak pertama kali merilis lagu 10 tahun lalu.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest