Follow Us

Rayakan Satu Dekade Berkarya, Tulus Ajak Ratusan Kolaborator untuk Garap Album Baru 'Manusia'

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 03 Maret 2022 | 14:51
Tulus - Manusia
Press Photo by Dhimo Juli

Tulus - Manusia

HAI-Online.com - Tulus resmi umumkan album penuh terbarunya dengan judul 'Manusia' sebagai bentuk perayaan satu dekadenya dalam bermusik.

Menyesuaikan usianya yang ke-10 di karier musiknya, Tulus juga mengisi album 'Manusia' ini dengan 10 lagu terbaru.

Rilis tepat pada awal Maret ini (02/03), 'Manusia' melibatkan produser Ari Renaldi yang ditunjuk langsung oleh Tulus sebagai pengarah musiknya.

Nggak cuma itu, Tulus juga melibatkan ratusan kolaborator yang terlibat dalam penggarapan lagu-lagu di dalam lagu ini.

Baca Juga: Umumkan Album Baru, Tulus Berusaha untuk Tetap Berjiwa Muda di Single 'Tujuh Belas'

Oleh karenanya, Tulus memilih judul 'Manusia' yang mewujudkan representasi ragam dinamika rasa dari manusia yang bermacam-macam.

"Aku banyak menghasilkan aransemen dan warna musik baru di album ini. Dan itu semua berkat hasil kolaborasi dengan ratusan talenta," jelas Tulus via keterangan pers.

Dari sekian banyaknya artis yang terlibat, nama-nama populer yang termasuk dalam pembuatan album ini di antaranya adalah Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Baca Juga: Turkiye Diyanet Foundation dan Kementerian Pendidikan Turki Buka Beasiswa SMA, Lengkap Tunjangannya

Selain itu, terdapat pula orkestrasi bawaan dari Erwin Gutawa yang semakin melengkapi kemegahan unik yang dijanjikan oleh Tulus di album 'Manusia'.

Untuk membuka album ini, Tulus telah merilis nomor 'Tujuh Belas' yang ditulis bersama Petra Sihombing dan membangun aransemen bersama Ari Renaldi.

"Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar dari Om Erwin Gutawa juga terlibat dalam album ini," lengkap Tulus menjelaskan.

"Rasanya spesial karena bisa melibatkan banyak orang untuk merilis album baru yang bertepatan dengan perayaan 10 tahun Tulus berkarya," pungkasnya.

Sila nikmati ragam rasa yang dihadirkan oleh Tulus dalam album terbarunya 'Manusia' di bawah ini:

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest