Follow Us

Nyimpen Hape di Bagasi Motor Bikin Kebakaran, Mitos atau Fakta Sih?

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 14 Februari 2022 | 21:00
Ilustrasi bagasi motor.
Gilang/Kompas.com

Ilustrasi bagasi motor.

HAI-Online.com – Bagasi udah menjadi fitur yang wajib disematkan pada motor-motor keluaran sekarang.

Berada di bawah jok, bagasi ini bisa dijadiin tempat penyimpanan yang berguna banget buat pengendara, apalagi saat membawa barang bawaan yang nggak sedikit.

Umumnya, motor jenis skutik atau bebek memiliki bagasi yang cukup lapang buat barang-barang.

Nggak jarang, pemilik motor menaruh berbagai jenis keperluan di kompartemen tersebut, mulai dari jas hujan, tool kit, sarung tangan, kanebo, hingga barang elektronik seperti ponsel, power bank, dan sebagainya.

Baca Juga: Nggak Kalah Nyaman Sama Motor Gede, 5 Motor Matic Ini Pun Enak Buat Touring

Pertanyaannya, dengan kondisi bagasi yang panas dan minim sirkulasi udara, apakah menyimpan barang di lokasi tersebut cukup aman?

Nah menanggapi hal ini, Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti ponsel atau powerbank kok, sob.

Ia mengatakan, potensi kebakaran karena menaruh hape atau powerbank pada bagasi motor terbilang kecil.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," jelas Endro kepada Kompas.com baru-baru ini.

Baca Juga: Polisi Bakal Ubah Warna Pelat Kendaraan Jadi Putih serta Dilengkapi Chip, Apa Tujuannya?

Namun menurut Endro, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah justru ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur," katanyanya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest