Follow Us

Udah Dibuka Hari Ini, Simak Panduan Cara Pilih Prodi di Portal LTMPT untuk SNMPTN 2022

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 14 Februari 2022 | 14:30
LTMPT telah merilis tahapan pendaftaran SNMPTN 2022.
@ltmptpofficial/Instagram

LTMPT telah merilis tahapan pendaftaran SNMPTN 2022.

HAI-Online.com – Portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah resmi dibuka hari ini, Senin (14/2/2022).

Nah, salah satu hal yang perlu dilakukan siswa saat mendaftar SNMPTN 2022 adalah memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi (prodi).

Menurut penjelasan Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Budi P Widyobroto, siswa bisa memilih dua prodi. Namun dengan catatan salah satu prodi yang dipilih berada di perguruan tinggi di provinsi sama dengan asal sekolah.

"Diizinkan 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Tetapi siswa harus betul-betul suka dengan pilihan prodinya dan kalau diterima harus daftar ulang. Kalau hanya satu prodi saja yang disenangi silahkan daftar satu saja nggak perlu memilih 2 prodi," tutur Prof. Budi dalam Sosialisasi Daring Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022 yang diadakan secara daring, Minggu (14/2/2022).

Baca Juga: Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Ini Cara Mendaftar SNMPTN 2022

Prof. Budi menekankan, siswa yang sudah diterima jalur SNMPTN 2022 apabila nggak melakukan daftar ulang karena berubah pikiran, nggak senang dengan prodi pilihan, maka siswa secara otomatis nggak bisa diizinkan mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

"Sehingga nggak punya nilai UTBK padahal banyak perguruan tinggi negeri mengharuskan punya nilai UTBK untuk mendaftar jalur Mandiri," kata Prof. Budi.

Untuk lebih jelasnya, simak nih panduan memilih prodi saat mendaftar SNMPTN 2022 di portal LTMPT.

1. Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri.

Setelah itu, akan muncul Daftar Prodi yang dapat dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Jika terdapat prodi yang nggak dapat dipilih karena syarat jurusan, akan ada pemberitahuan di laman portal LTMPT.

2. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest