Follow Us

Sejarah Vans Jadi Favorit Remaja Indonesia: Masuk Gara-gara Musik Punk

Alvin Bahar - Senin, 14 Februari 2022 | 17:05
Vans, Bukan cuma untuk skater
HAI

Vans, Bukan cuma untuk skater

HAI-ONLINE.COM - Kalo ditanya sejarah Vans masuk Indonesia, jawaban pastinya adalah jauh sebelum brand ini buka original store-nya di Jakarta, 2013 lalu.

Tentunya masuk lewat jalur kolektor dan pebisnis yang membelinya dari luar negeri untuk kemudian dijual lagi di sini. Tahunnya pun masih sekitar 1990-an, dan penyebarannya masih di kalangan tertentu aja.

Pastinya, juga nggak jauh-jauh dari kehidupan permainan skateboard, atau kehidupan para pecinta musik independen.

Lantas, bagaimana sebenarnya kisah perjalanan Vans hingga bisa melebarkan sayap dan menyiarkan influence-nya ke dalam negara kita?

Baca Juga: Ketika Sneakers KW Indonesia 'Vans Off The Top' Digugat 'Vans Off The Wall': Kalah Telak Hingga Denda Jutaan Rupiah

“Sebetulnya kalau tahun 1970-an atau 1980-an, gue nggak bisa banyak bicara lah ya. Karena gue nggak setua itu juga," jelas Claude Hutasoit, salah satu pentolan skate, dalam arsip HAI 2017.

"Tapi kalo kita bicara tahun 1980-an akhir dan tahun 1990-an, gue bisa banget bicara. Itu zamannya gue, zamannya gue masih muda banget. Emang zamannya gue nyari sepatu Vans juga. Tahun-tahun segitu, yang make Vans hanya anak skate, anak band, anak BMX juga, dan anak-anak yang berkecimpung di scene musik independen,” katanya.

Pria yang kemudian akrab disapa dengan panggilan Bang Claude ini kemudian menegaskan, kalau pengaruh musik punk, hardcore, serta indie, atau british music di Indonesia, sesungguhnya amat berdampak pada ‘invasi’ Vans ke Indonesia.

Pasalnya, alas kaki yang digunakan oleh jagoan-jagoan di aliran musik tersebut nggak lain datang dari merek sepatu Vans.

Maka selanjutnya, kita tentu nggak boleh heran kalau anak-anak Indonesia, yang mendengarkan dan menyaksikan penampilan dari band-band idolanya, jadi tertarik untuk mengikuti gaya sang musisi favorit, termasuk dengan gayanya mengenakan sepatu Vans.

“Sejauh yang gue inget, detil yang paling gue inget terakhir adalah, di salah satu video klip-nya Blur, Damon Albarn itu emang pake sepatu Vans Oldskool, kalo nggak salah itu di video klip Parklife. Nah, menurut gue, video klip itu yang membuat anak-anak sini, yang suka dengan indie, indie-indie British gitu, menggunakan Vans,” cerita Bang Claude dengan penuh semangat.

Koleksi sneakers Metallica x Vans.
Vans

Koleksi sneakers Metallica x Vans.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest