Follow Us

10 Lagu Indonesia yang Sering Disebut Mirip Sama Lagu Luar Negeri

Bagas Rahadian - Senin, 29 Mei 2023 | 09:57
D'Masiv
Dok.HAI

D'Masiv

HAI-Online.com - Saking banyaknya musisi dan peredaran lagu di muka bumi ini, para penikmat musik pun jadi sering pangling sama lagu satu dengan lagu yang lain.

Contohnya aja kayak kuping para pendengar musik Indonesia. Para pendengar musik di sini, mungkin karena saking nguliknya sama musik, sampai menilai sebuah lagu musisi Indonesia mirip dengan lagu punya musisi internasional.

Sampai-sampai hadir playlist bikinan netizen Indonesia di Spotify yang bertajuk 'lagu yang atas mirip lagu bawahnya'. Di situ, dimuat ratusan lebih lagu musisi Indonesia yang dinilai mirip sama lagu punya musisi luar.

Entah apa yang mendasari interpretas para pendengar musik di negara kita. Apakah karena saking tajemnya kuping para netizen dalam mendengarkan lagu?

atau memang karena lagu artis lokal dan internasional yang disebutkan pada dasarnya mirip secara nada, struktur hingga lirik?

Yang jelas, anggepan kayak gini nggak jarang menghasilkan gogon (gosip underground) yang bilang kalo beberapa lagu Indonesia itu adalah hasil plagiat. Wah masa iya, sih?

Nah, berikut kita bahas 9 di antara 100 lagu yang termasuk dalam playlist ini, karena dianggap mirip sama lagu musisi luar.

1. Baik Baik Sayang - Wali (Dear God - Avenged Sevenfold)

Pada tahun 2009, band Wali merilis single 'Baik Baik Sayang' dari albumnya 'Cari Jodoh'. Kebetulan, dua tahun sebelumnya, ada Avenged Sevenfold yang menelurkan single dengan aransemen akustik yang cathcy berjudul 'Dear God'.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest