Follow Us

Nggak Nyangka Bakal Jadi Hits, Ahmad Dhani Ungkap Ketukan Drum 'Separuh Nafas' Terinspirasi dari Lagu Duran Duran Ini

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 05 Februari 2022 | 18:34
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com – Dari awal penggarapannya, Ahmad Dhani mengaku nggak berekspektasi 'Separuh Nafas' bakal jadi salah satu lagu hits dalam album 'Bintang Lima' (2000).

Pentolan Dewa 19 kemudian menceritakan proses di balik pembuatan ‘Separuh Nafas’, yang ia sebut sedikit banyak terilhami dari salah satu lagu milik Duran Duran, band British beraliran new wave yang tenar di era 80-an.

Lagu ini sendiri merupakan ciptaan Andra Ramadhan, sedangkan ia kebagian menulis liriknya.

"Jadi, dari tema itu Andra yang buat, ide drum kayak gitu juga Andra. Andra pesan sama saya, 'Drumnya kayak gini lho, kayak ‘Come Undone',” jelas Ahmad Dhani, saat hadir dalam podcast YouTube Ngobam milik Gofar Hilman.

Baca Juga: David Bayu Anggap Dewa 19 sebagai Band ‘Skill’, Ahmad Dhani: Karena Ya Emang Jualan Kita Itu

Dhani pun heran, aransemen ‘Separuh Nafas’ yang menurutnya simpel banget justru disukai banyak pendengarnya.

"Dan lagunya aransemennya sederhana banget, istilahnya nggak butuh ilmu untuk aransemen lagu kayak gitu. Tapi, itu jadi lagu yang paling laris," ujar Ahmad Dhani.

Walau terdengar nggak rumit, Dhani mengatakan mungkin nggak akan ada musisi atau band lain yang bisa benar-benar membawakan lagu semacam itu sesukses Dewa 19.

"Kami juga nggak tahulah, memang ada sesuatu di luar dugaan. Kami nggak pernah pikirin bahwa lagu itu bakal jadi lagu yang paling sukses," kata dia.

Album ‘Bintang Lima’ yang dirilis pada tahun 2000 menjadi titik balik Dewa 19 bersama vokalis baru mereka saat itu, Once Mekel setelah sebelumnya Ari Lasso cabut.

Baca Juga: Once Ngaku Lagu Dewa 19 Ini Jadi Lagu yang Paling Males Dia Nyanyiin, Padahal Paling Gampang

Album yang mengusung warna musik baru lewat kedatangan Once ini pun sukses meledak di pasaran lewat sejumlah single hitsnya, termasuk ‘Separuh Nafas’.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest