Follow Us

Bukan Cuma sebagai Refreshing, eSports Diprediksi Bakal Jadi Gaya Hidup hingga Pilihan Karier

Ferry Budi Saputra - Jumat, 14 Januari 2022 | 11:00
Prediksi eSports 2022
Webinar UNITY

Prediksi eSports 2022

HAI-Online.com – UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar bulanan dengan tajuk 'Esports: Potret Kondisi dan Prediksi Trend di 2022'. Webinar yang diselenggarakan via Zoom dan disiarkan langsung di kanal YouTube “UniPin Gaming” ini membahas proyeksi dan trend e-sport di 2022, pada Jumat (7/1/2022).

Adapun pembicara yang hadir dalam webinar tersebut yaitu Irliansyah Wijanarko selaku Co-Founder & Chief Growth Officer RevivaLTV dan Ricky Setiawan selaku Founder & Chief Executive Officer GGWP.ID.

Baca Juga: Game 'Snake' Ternyata Bisa Dimainin di Google Maps, Begini Caranya!

Berdasarkan data yang dihimpun tim GGWP.ID per November 2021, Ricky memaparkan bahwa pertumbuhan jumlah gamers meningkat drastis sejak tahun 2016 hingga 2020. Diprediksi bisa semakin bertambah ke depannya.

Salah satu faktornya karena ada game seperti Mobile Legends (2016), Free Fire (2017), dan PUBG Mobile (2018). Sebuah studi yang dilakukan Vero dan Decision Lab mencatat jumlah orang yang berkecimpung di industri esports Indonesia terbilang banyak mencapai 52 juta orang.

Tercatat hingga 2021, genre game esports yang masih digemari di Indonesia adalah MOBA dan game survival dengan total 54% market share diperoleh oleh Mobile Legends dan 25% diraih oleh Free Fire.

Prediksi eSports 2022
Webinar UNITY

Prediksi eSports 2022

Ricky menyatakan ramainya industri esports akan mempengaruhi juga perkembangannya di Indonesia untuk ke depannya termasuk dari segi pemainnya.

“Generasi yang lebih tua akan mulai bermain game esports. Peluang untuk genre alternatif selain MOBA dan game survival untuk berkembang akan semakin besar. Selain itu, game esports untuk pasar gamer perempuan memiliki prospek yang sangat baik memasuki tahun-tahun yang akan datang,” terang Ricky.

Sementara itu, Irli dari RevivaLTV mengatakan kegiatan gaming dan esports kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Baca Juga: Inilah Game Terbaik di Steam 2021, Ada Dota 2 hingga Grand Theft Auto 5

Irli memprediksi industri esports akan menjadi bagian dari gaya hidup secara umum pada tahun 2022. Menurutnya, anak-anak zaman sekarang akan tumbuh dengan gadget dan smartphone di tangan mereka, yang berarti game onlin dan esports juga akan memliki peran besar dalam perkembangan mereka.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest