Follow Us

Sering Ada di Seragam Sekolah, Inilah Makna Logo Tut Wuri Handayani

Ferry Budi Saputra - Selasa, 11 Januari 2022 | 08:04
Logo Tut Wuri Handayani

Logo Tut Wuri Handayani

HAI-Online.com - Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya apa ya sebenarnya makna di balik logo Tut Wuri Handayani yang ada di seragam sekolah yang kalian pakai? Yap, buat yang penasaran pada artikel kali ini bakal dijelasin lebih lanjut soal makna logo tersebut.

Perlu kalian ketahui Tut Wuri Handayani merupakan salah satu semboyan dari Ki Hadjar Dewantara yang masih diterapkan di bidang pendidikan hingga saat ini.

Baca Juga: Pemerintah Rumania Buka Beasiswa S1-S3 Tahun 2022, Dapat Tunjangan Bulanan

Melansir Kompas.com, informasi dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (8/1/2022), berikut ini makna dari logo Tut Wuri Handayani yang sering ditemui di seragam sekolah.

1. Bidang segi lima (biru muda) menggambarkan alam kehidupan Pancasila. 2. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan terhadap jasa Ki Hadjar Dewantara semasa hidup. 3. Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih dan tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan, keluhuran dan pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup Pancasila).

Baca Juga: Registrasi Dibuka Januari 2022, Begini Cara Membuat Akun LTMPT

4. Belencong menyala bermotif Garuda Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukkan menjadi hidup. 5. Burung garuda (yang menjadi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima yang berarti: 'satu kata dengan perbuatan Pancasilais'. 6. Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Nah, itulah makna logo Tut Wuri Handayani yang sering dijumpai di seragam sekolah. Ternyata maknanya sangatlah dalam, bukan cuma di bidang dunia pendidikan Indonesia, tetapi juga mencerminkan nilai kehidupan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa Wajib Tahu, Ini Makna Logo Tut Wuri Handayani"

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest