Follow Us

Berkat Adele, BTS dan Taylor Swift, Penjualan CD di AS Meningkat untuk Pertama Kalinya dalam 17 Tahun Terakhir

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 07 Januari 2022 | 16:00
Adele
Instagram @adele

Adele

HAI-Online.com – Berkat Adele, BTS dan Taylor Swift, penjualan CD di Amerika Serikat mengalami peningkatan dalam 17 tahun terakhir.

Melansir Billboard yang mengutip MRC Data’s 2021 US Year-End Report, penjualan album CD meningkat dari 40,16 juta kopi pada 2020 menjadi 40,59 juta kopi pada 2021 atau terjadi pertumbuhan sebesar 1,1 persen.

Dari angka tersebut, Adele menjadi yang paling banyak ngasih dampak. Album teranyarnya, ‘30’ terjual hampir 900 ribu kopi di AS hanya untuk format CD-nya, atau sebesar 2,15 persen dari keseluruhan penjualan CD selama 2021.

Selanjutnya di urutan kedua, Taylor Swift lewat re-release ‘Fearless’ dan ‘Red’-nya sukses membuatnya menjadi musisi yang yang albumnya paling banyak terjual di AS setelah Adele.

Baca Juga: Travis Barker Kasih Sentuhan Pop Punk ke Lagu 'Easy On Me' Adele, Sampai Stick Drum Patah!

Sedangkan boyband asal Korea, BTS semakin memantapkan jejaknya di industri musik dunia dengan masuk daftar top 10 album CD yang paling banyak terjual lewat dua rilisannya, ‘Map Of The Soul: 7’ dan ‘Be’.

Tahun 2021 sepertinya memang seolah menjadi momen comeback buat rilisan fisik pada musik setelah bertahun-tahun digempur platform streaming digital.

Untuk pertama kalinya sejak MRC Data bikin laporan penjualan tahunan pada 1991, penjualan piringan hitam sukses mengungguli CD di AS.

Penjualan vinyl tercatat mengalami peningkatan yang cukup besar dari 27,55 juta kopi album pada 2020 menjadi 41,72 juta kopi pada 2021 atau sebesar 51,4 persen.

Baca Juga: Peringati Ultah ke-46 Si Lady Rocker, Vinyl Album Legendaris Nike Ardilla Diproduksi Ulang

Hal ini serupa dengan yang terjadi di Inggris sepanjang tahun lalu, dengan penjualan vinyl menjadi yang tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Tercatat, lebih dari lima juta piringan hitam terjual pada tahun 2021, meningkat delapan persen dari tahun 2020.

Selain itu, penjualan CD juga meningkat di Inggris pada tahun 2021, dengan penjualan pada kuartal keempat (Q4) mengalami peningkatan tahun-ke-tahun sebesar hampir 15 persen.

Pencapaian itu sebagian besar merupakan hasil dari kontribusi album '30' milik Adele, '=' milik Ed Sheeran dan ‘Voyage’ milik ABBA. (*)

Source : Billboard

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular