Follow Us

Dianggap Gitaris Jenius, Andra Akui Nggak Tau Sama Sekali Soal Teori Musik

Ferry Budi Saputra - Selasa, 04 Januari 2022 | 12:22
Andra Ramadhan
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Andra Ramadhan bilang terus terang hal yang nggak diketahui banyak orang soal dirinya. Kebanyakan orang mungkin akan berpikir kalo gitaris Dewa 19 itu adalah orang yang jenius dalam bermusik, namun dia secara blak-blakan menganggap pernyataan itu nggak tepat.

Ternyata ada sebabnya Andra bilang kalo dia nggak sejenius yang dipikirkan banyak orang. Memang kalo dilihat dari permainannya, gitaris tersebut bisa menciptakan alunan gitar yang enak didengar, bahkan unik.

Baca Juga: Puji Peran Vega Antares untuk Dewa 19, Andra: Dia Jadi Orang yang Penting Buat Band

Andra mengatakan dirinya sebenarnya nggak jenius karena ia sama sekali nggak tau soal teori musik dan cuma belajar gitar secara otodidak saja.

"Mungkin orang yang ngomong kayak gitu akan kecewa gitu setelah tau, gue nggak sejenius itu sebenarnya. Bahkan, gue kan karena otodidak, gue teori musik nggak tau sama sekali. Bahkan, chord itu gue nggak semuanya tau namanya," tutur Andra dalam YouTube SiCepat Express.

Andra menjelaskan kalo selama ini dalam membuat suatu lagu hanya mengandalkan kupingnya. Menurutnya, kalo menilai lagu enak itu ya lagu yang emang pas di kupingnya.

"Gue andelin kuping sih, jadi kalo emang enak di kuping, yaudah gitu. Jadi kalau ditanya 'kuncinya apa?', nggak tau," ucapnya.

Baca Juga: Ceritain Sulitnya Belajar Gitar Waktu Kecil, Andra: Kalo Ngulik Harus Puter Bolak-balik Kaset Sampe Melar

Selain itu, Andra juga menyampaikan cara agar nggak bosen dalam bermain musik, meski lagu yang dibawakan cuma itu-itu aja. Ia menyebut kuncinya adalah menjaga mood.

Jadi, saat si musisi merasa bosan membawakan lagu yang sama berulang-ulang kali, maka si musisi itu sendiri yang harus mencari tau cara menjaga mood.

"Mungkin sebelum manggung kita ritual apa kek, mungkin kita kuliner dulu makanan yang kita sukai, jadi kan happy senang, pas manggung senang, kayak gitu lah," pungkasnya.

Andra mengatakan salah satu cara supaya nggak bosen membawakan lagu yang sama berulang kali yaitu dengan mengaransemen ulang lagu tersebut sehingga lebih fresh ketika dimainkan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest