Follow Us

Ketahui 5 Penyebab Penyakit Liver yang Perlu Kalian Waspadai

Ferry Budi Saputra - Senin, 03 Januari 2022 | 11:14
Ilustrasi sakit liver
shutterstock

Ilustrasi sakit liver

HAI-Online.com - Nggak cuma orang tua, penyakit liver juga bisa menyerang siapa saja termasuk anak muda. Perlu kalian ketahui penyakit liver yang nggak dikendalikan, bisa menyebabkan komplikasi yang berdampak fatal.

Melansir Kompas.com, informasi dari Cleveland Clinic, penyakit liver adalah beragam masalah kesehatan yang dapat merusak hati atau liver. Liver atau hati adalah organ terbesar kedua di tubuh manusia setelah kulit.

Baca Juga: Hilangkan Bau Badan Secara Permanen Pakai Olesan Garam, Begini Cara Menggosoknya ke Ketiak!

Organ ini memiliki ukuran sebesar bola dan terletak di bawah tulak rusuk, tepatnya di sisi kanan perut. Liver memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk memisahkan nutrisi dan limbah di saluran pencernaan. Selain itu, organ ini juga menghasilkan empedu yang membawa racun keluar dari tubuh.

Menurut NHS, berikut ini penyebab penyakit liver:

  • Infeksi virus Penyakit liver jenis hepatitis A, B, C disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A, B, atau C.
  • Penyakit autoimun Gangguan sistem daya tahan tubuh yang keliru menyerang hati atau penyakit autoimun menyerang liver seperti kolangitis bilier primer dan hepatitis autoimun juga bisa menyebabkan penyakit liver.
  • Faktor keturunan Beberapa penyakit liver berkembang karena kelainan genetik turunan, seperti penyakit wilson dan hemokromatosis.
  • Minum alkohol berlebihan Terlalu banyak minum alkohol juga bisa memicu penyakit liver. Alkohol berlebihan di dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh.
  • Kebiasaan makan lemak jahat Penyakit liver juga bisa disebabkan kebiasaan makan makanan yang banyak mengandung lemak jahat seperti gorengan, jerohan, kulit, makanan cepat saji, makanan beku atau frozen food.
Baca Juga: Yuk Biasakan 5 Cara Sederhana Ini untuk Meningkatkan Gaya Hidup Sehat Sepanjang 2022

Beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk kesehatan liver:

  • Jaga berat badan agar tetap ideal dengan menjaga pola makan sehat, rutin olahraga, dan banyak bergerak
  • Cegah hepatitis dengan vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B yang saat ini sudah tersedia
  • Hindari konsumsi alkohol berlebihan
Perlu kalian ketahui kalo liver udah terkena penyakit yang parah kemungkinan akan berisiko fatal, mulai dari kanker hati hingga gagal hati. Jadi mulai sekarang coba yuk untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Penyebab Penyakit Liver yang Perlu Diwaspadai"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest