Follow Us

9 Daerah Terdingin di Indonesia, Paling Rendah Bisa Sampai 9 Derajat Celsius!

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 01 Januari 2022 | 11:35
Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.
ediginting.com

Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

HAI-Online.com – Meski tergolong negara beriklim tropis hingga cuacanya cenderung panas karena nggak mengalami musim dingin, Indonesia memiliki sejumlah daerah bersuhu dingin.

Suhu dingin tersebut bukan disebabkan oleh faktor musim, melainkan berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Nah, HAI bakal bagiin nih 9 daerah yang punya suhu udara terdingin di Indonesia, yang bahkan bisa mencapai 9 derajat celsius!

Baca Juga: Berlaku Januari 2022, Ini Aturan Baru Sekolah yang Boleh Tatap Muka 100 Persen

  1. Kota Mulia
Kota terdingin di Indonesia adalah Kota Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Kota dengan luas daratan 883 km2 ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kota Mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya dengan total penduduk mencapai 24.649 jiwa.

Suhu udara di Kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celsius ketika malam hari. Bahkan, suhu di Kota Mulia bisa mencapai titik beku. Hal itu karena lokasinya yang nggak terlalu jauh dengan pegunungan Jaya Wijaya.

  1. Waghete - Papua
Selain Kota Mulia, daerah terdingin di Indonesia berikutnya juga ada di Papua, yakni Waghete. Waghete merupakan kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua.

Saat siang hari, suhu di kota Waghete dapat mencapai 15 derajat celsius. Sedangkan di malam hari, suhu di kota itu bisa mencapai hingga 10 derajat cesius.

  1. Mamasa - Sulawesi Barat
Mamasa merupakan kabupaten yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Barat. Terletak di ketinggian 1.900 mdpl, Mamasa masuk jajaran daerah terdingin di Indonesia.

Pemandangan di kabupaten Mamasa sangat indah dengan tanaman hijaunya. Nuansa sejuk makin terasa dengan mengunjungi daerah agrowisata dan perkampungan tradisional di sana.

  1. Ruteng - Nusa Tenggara Timur
Kota Ruteng
Wira Nurmansyah

Kota Ruteng

Berikutnya ada Ruteng di Pulau Flores. Secara administratif, Ruteng merupakan kecamatan yang terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah NTT terkenal dengan pemandangan yang indah.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest