Follow Us

Bill Gates Yakin Pandemi Covid-19 Bakal Berakhir di Tahun 2022

Bagas Rahadian - Jumat, 24 Desember 2021 | 20:20
Bill Gates
wartaekonomi.co.id

Bill Gates

HAI-Online.com - Bill Gates mewanti-wanti bahaya dari mutasi baru virus corona, Omicron. Sebab, mutasi dari varian satu ini disebut punya tingkat penyebaran yang paling tinggi dibanding virus lainnya sepanjang sejarah.

Dalam serangkaian cuitan di Twitter, orang terkaya ke-4 dunia dan penidiri Micorsoft itu bilang, hadirnya Omicron bisa sebabkan periode pandemi Covid-19 paling buruk.

Itu karena masih belum diketahuinya seberapa buruk dampak Omicron terhadap tubuh manusia.

Baca Juga: Omicron Datang Justru 4000 Orang Pergi ke Luar Negeri Setiap Harinya, Pemerintah RI: Tunda Dulu Liburannya

"Kita harus menangani ini dengan serius, sampai kita mengetahui lebih detail terkait Omicron. Meskipun tidak separah varian Delta, (kehadiran Omicron) bisa mengakibatkan lonjakan terburuk yang pernah kita lihat sejauh ini, karena mutasi ini sangat menular," tutur Gates, seperti dikutip Kompas.com dari CNN, Jumat (24/12/2021).

Mesti gimana supaya pandemi berakhir?

Gates menilai, apabila pemerintah AS dan pihak terkait dapat mengambil langkah tepat, penyebaran Omicron dapat ditangani dalam kurun waktu 3 bulan.

Jika ini terjadi, ia yakin, pandemi Covid-19 akan berakhir pada tahun depan. "Beberapa bulan itu bisa jadi buruk, tapi saya tetap percaya jika kita mengambil langkah yang tepat, pandemi bisa berakhir pada 2022," ujarnya.

Selama para ahli tengah mempelajari lebih dalam terkait varian Omicron, Gates mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada, dan mengingatkan satu sama lain.

Protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 masih harus dilakukan untuk segera menyelesaikan pandemi berkepanjangan ini.

Baca Juga: Sutradara Ini Sebut Film Spider-Man Bakal Bikin Orang-orang Ramein Bioskop Lagi

"Mendapatkan vaksin booster memberikan perlindungan terbaik," kata Gates. Gates menyadari, dengan terus bermutasinya Covid-19, individu yang telah menerima vaksin masih berpotensi tertular. Akan tetapi, vaksin dibuat untuk meminimalisir dampak buruk dari virus.

"Suatu hari nanti pandemi akan berakhir, dan semakin baik kita menjaga satu sama lain, semakin cepat momen itu datang," ucap Gates. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bill Gates: Walau Ada Omicron, Pandemi Bisa Berakhir 2022, asal..."

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest