Follow Us

Benarkah Jurusan Sekolah Vokasi Cuman Sedikit? Ini Faktanya

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 20 Desember 2021 | 13:05
Ilustrasi mencari jurusan kuliah
Dias/HAI

Ilustrasi mencari jurusan kuliah

HAI-Online.com – Mungkin bagi sebagian pelajar, vokasi itu nggak sefamiliar pendidikan sarjana, yang jadi tujuan utama setelah mereka lulus SMA. Begitu pula dengan jurusan-jurusannya.

Namun sebenarnya gimana sih jurusan di sekolah vokasi itu? Apa benar jurusan di vokasi itu nggak sebanyak di pendidikan sarjana?

Padahal yang mungkin belum banyak orang tahu, jurusan di sekolah vokasi itu juga banyak jenisnya, lho. Namun karena belum banyak yang familiar dengan jurusan-jurusan tersebut, orang mungkin menganggap sekolah vokasi pilihannya nggak banyak.

Jadi, anggapan bahwa jumlah jurusan di sekolah vokasi itu cuman sedikit nggak benar ya, sob. Bahkan saat ini, jurusan-jurusan yang ada pun semakin beragam, mulai dari bidang penyiaran/broadcasting sampai pariwisata!

Nah, jika kalian memang berencana mencari kampus dengan banyak jurusan vokasi, politeknik adalah jawabannya. Sebab di politeknik, jurusan-jurusan yang disediakan lebih spesifik dan terpusat.

Mengutip laman Politeknik Internasional Bali (PIB), Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi di Indonesia yang dalam pembelajarannya lebih bersifat praktis.

Jadi secara umum, politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi yang ditujukan untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja dengan berbagai keterampilan (skill). Misalnya aja Politeknik Negeri Jakarta yang menyediakan beragam jurusan vokasi, beberapa di antaranya:

Baca Juga: Apakah Materi Vokasi Bisa Didapatkan dari Tempat Kursus? Begini Penjelasannya

  • Jurusan Teknik Sipil: Program Studi (Prodi) Konstruksi Sipil, Konstruksi Gedung, Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (S.Tr), dan Teknik Konstruksi Gedung (S.Tr).
  • Jurusan Akuntansi: Prodi Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Akuntansi Keuangan (S.Tr), Keuangan Dan Perbankan (S.Tr), dan banyak lagi.
  • Jurusan T. Informatika dan Komputer: Prodi Teknik Informatika (S.Tr), Teknik Multimedia Digital (S.Tr), Teknik Multimedia dan Jaringan (S.Tr), Teknik Komputer dan Jaringan.
Sementara itu, Politeknik Negeri Media Kreatif menawarkan jurusan-jurusan vokasi yang lebih spesifik pada bidang kreatif seperti desain grafis sampai pariwisata. Melansir laman polimedia.ac.id, jurusan-jurusan di politeknik ini mencakup:

  • Jurusan Teknik Grafika: Program Studi (Prodi) Teknik Grafika, Teknik Kemasan, Teknik Perawatan Mesin.
  • Jurusan Penerbitan: Prodi Penerbitan, Periklanan, Penyiaran, Fotografi.
  • Jurusan Desain Grafis: Prodi Desain Grafis, Prodi Desain Mode, Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia, Prodi Animasi, Prodi Teknologi Permainan.
  • Jurusan Perhotelan: Prodi Perhotelan, Seni Kuliner
Namun bukan berarti nggak ada jurusan vokasi di universitas. Misalnya aja di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menyediakan banyak program studi (prodi) sekolah vokasi seperti Akuntansi Sektor Publik, Bahasa Inggris, Bisnis Perjalanan Wisata hingga Perbankan.

Contoh lainnya adalah, Universitas Indonesia (UI) yang prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Hubungan Masyarakat, hingga Periklanan Kreatif.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest