Follow Us

Apakah Materi Vokasi Bisa Didapatkan dari Tempat Kursus? Begini Penjelasannya

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 18 Desember 2021 | 14:05
Ilustrasi seminar vokasi
HAI

Ilustrasi seminar vokasi

HAI-Online.com - Tentu kalian pernah mendengar istilah “ngapain vokasi mending ikut kursus aja, toh ujungnya sama-sama bisa dapet kerja.”

Ini adalah perkataan yang keliru! Meski secara pengertian keduanya dibekali keahlian untuk masuk dunia kerja. Perlu kalian ketahui ada yang berbeda dari keduanya.

Perguruan tinggi vokasi banyak kelebihannya kok buat kalian. Bukan hanya mendapatkan keahlian saja tetapi dibekali juga teori yang pastinya berguna ketika terjun ke dunia kerja.

Sebelumnya kalian harus ketahui dulu, apa sih vokasi itu? Melansir simak.ui.ac.id, program vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan ketrampilan yang kompeten di bidangnya.

Bahasa mudahnya, mahasiswa yang mengikuti pendidikan tinggi vokasi ini memang diarahkan untuk siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Mahasiswa vokasi punya kelebihan diberikan keterampilan khusus selama perkuliahan sehingga lulusan vokasi memiliki bekal yang lebih utamanya yaitu pengalaman kerja.

Baca Juga: Ini 6 Perbedaan Vokasi dan Sarjana yang Wajib Lo Tahu

Dikutip dari akun Instagram Dikti Vokasi, selama berkuliah pendidikan vokasi memiliki lebih banyak mata kuliah prakteknya.

Pendidikan vokasi lebih sering belajar di luar kelas. Beban belajarnya biasanya terdiri dari 40% teori yang sisanya kemudian praktek.

Meski sama-sama dapat keahlian, tetapi bagi lulusan pendidikan vokasi ini nantinya akan mendapatkan gelar diploma. Sedangkan kursus hanya akan mendapatkan sertifikat.

Jadi, kalo kursus aja bisa menggantikan pendidikan vokasi, itu mitos! Jika kalian berminat untuk masuk perguruan tinggi vokasi banyak kok sekolah yang bisa kalian pilih. Tapi, perlu diingat sesuaikan jurusan dengan minat kalian ya!n

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest