Follow Us

Cara Mengecek Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar 2021

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 14 Desember 2021 | 12:25
Dana Program Indonesia Pintar untuk anak sekolah pemegang KIP. Login ke pip.kemdikbud.go.id dengan NISN untuk cek nama penerima.
pip.kemendikbud.go.id

Dana Program Indonesia Pintar untuk anak sekolah pemegang KIP. Login ke pip.kemdikbud.go.id dengan NISN untuk cek nama penerima.

HAI-Online.com – Pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan buat para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu lewat Program Indonesia Pintar (PIP).

Mereka yang berhak menerima bantuan Program kolaborasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag) ini adalah siswa dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Penerima program bantuan ini dapat dicek melalui laman resmi PIP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Terus gimana cara cek penerima Program Indonesia Pintar? Langkahnya cukup simpel kok, guys. Kalian hanya butuh nomor induk siswa nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Baca Juga: Inilah 8 SMK/SMA yang Punya Jurusan Kesenian, Bisa Jadi Referensi Kalian

Inilah langkah-langkah mengecek penerima PIP:

  • Buka laman pip.kemdikbud.go.id
  • Nantinya di halaman awal akan muncul pilihan “Cari Penerima PIP”
  • Untuk mengeceknya, masukkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung
  • Klik tombol “Cari”
Pencairan dana Program Indonesia Pintar

Dilansir dari website resmi Kemdikbud Ristek, pencairan atau pengambilan dana PIP bisa dilakukan perorangan maupun kolektif.

Pencairan bisa dilakukan jika pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) membawa bukti pendukung sah ke bank penyalur yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Pengambilan dana PIP secara kolektif dilakukan jika berada di wilayah yang mempunyai akses sulit ke bank penyalur, misalnya aja daerah yang nggak mempunyai kantor bank di kecamatan maupun biaya transportasinya lebih besar dari bantuan yang akan diterima.

Sedangkan pengambilan dana bantuan secara kolektif dapat dikuasakan kepada kepala sekolah, ketua lembaga, bendahara sekolah, atau bendahara lembaga.

Bank penyalur yang mencairkan dana dari program ini yaitu Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest