Follow Us

Transformasi Jadi Smart City, Balikpapan dan Surakarta Lakukan City Branding dengan Cara Ini

Tim Konten - Selasa, 14 Desember 2021 | 11:47
Penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA).
Dok. Pemerintah Kota Surakarta

Penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA).

Hai-Online.com – Dalam rangka menggenjot sektor pariwisata Indonesia yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggagas program Gerakan Menuju Smart City 2021.

Setiap kota dan kabupaten yang berpartisipasi dalam program tersebut diberikan bimbingan teknis untuk menyusun rencana pembangunan berbasis smart city.

Pada Gerakan Menuju Smart City 2021, pendekatan pembangunan berbasis smart city pun digencarkan. Salah satunya melalui city branding. Artinya, masing-masing kabupaten dan kota didorong untuk mempromosikan potensi wisata mereka.

Penerapan strategi city branding berbasis smart city sudah dapat dilihat di calon ibu kota negara (IKN) baru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Dorong Pemerataan Potensi Wisata, Gerakan Menuju Smart City 2021 Berfokus pada Pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas

Setelah menegaskan posisinya sebagai kota jasa, perdagangan, dan penghasil minyak, pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan kini juga melakukan pembenahan di sektor pariwisata.

Langkah pertama yang dilakukan Kota Balikpapan adalah meluncurkan logo kota yang baru pada 2020. Selain menjadi identitas baru, logo tersebut menjadi penegas citra Balikpapan yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

Agar kehadiran logo baru Balikpapan semakin dekat dengan masyarakat, Pemkot Balikpapan menyematkan logo baru itu di hampir seluruh tempat umum, seperti lokasi wisata, sarana dan prasarana wisata, bus pariwisata, dan suvenir.

Untuk memikat wisatawan, standar fasilitas setiap tempat wisata juga telah ditingkatkan. Bahkan, pelaku usaha wisata juga dibina agar memiliki keterampilan hospitality yang lebih baik.

Baca Juga: Kemenkominfo Bimbing 70 Kabupaten dan Kota di Destinasi Pariwisata Prioritas serta Ibu Kota Baru untuk Jadi Smart City

Selain itu, Pemkot Balikpapan juga melakukan pembenahan infrastruktur transportasi. Hal itu dilakukan untuk memudahkan akses berkeliling kota bagi wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan.

Saat ini, Balikpapan memiliki bus Balikpapan City Tour yang dapat mengantar wisatawan keliling ke berbagai tempat yang menjadi daya tarik kota, seperti Kawasan Niaga Klandasan, Stadion Batakan, dan Pantai Manggar Segara Sari.

Editor : Sheila Respati

Latest